Pengembangan E-Modul Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Menggunakan Heyzine untuk Mengeksplor Kemampuan Penalaran Matematis
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Anggraini, R.S.,Sustipa, W.,&Erita,S.(2022).Pengembangan E-M Pembelajaran Matematika
Mengunakan Aplikasi Heyzine Flipbook.Journal on Teacher Education.
Aprilianti,Y.,& Sylviana Zanthy,L (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Pada Materi
Segiempat dan segitiga .,Journal on Education
Ariati, C.,& Juandi,D.(2022).Kemampuan Penalaran Matematis : Systematic Literature Review.Jurnal
Lemma,
Arif, S. (2017). Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Flipping Book. Jurnal Ilmu Komputer Dan
Desain Komunikasi Visual, 2(1), 48–58.
Ascher, M., & Robert Ascher. (1997). Ethnomathematics. Dalam Ethnomathematics Challenging
Eurocentrism in Mathematics Education. Albany: State University of New York Press
Awwaliyah,H.,Rahayu,R.,& Muhlisin,A.(2021).Pengembangan E-modul Berbasis Heyzine Flipbook Untuk
meningkatkan Motivasi belajar Siswa .Tema cahaya Indonesian Journal of Natural Science
Education
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis
Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,
Bishop, A.J. (1998). Education the Mathematical Enculturators. (Paper presented at ICMI China Regional
Conference, Shanghai, Cina, August 1994). Papua New Guinea Journal of Teacher Education,
, (2), 17-20
Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skill and competencies in primary
education. International Journal of Instruction, 11(3), 1-13.
•109Elis Hermawati, Nani Ratnaningsih & Mega Nur Prabawati
D’Ambrosio, U. (1997). Ethnomatematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics.
Dalam Ethnomathematics Challenging Eurocentrism in Mathematics Education. Albany: State
University of New York Press.
Dinda Kurnia Putri, Joko Sulianto, & Mira Azizah. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari
Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education.
Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi.
PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 1
Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan E-modul Matematika untuk Siswa SD
(The Development of E-Modul Mathematics For Primary Students). Jurnal Teknologi Pendidikan
Dan Pembelajaran.
Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan
Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains),
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran
matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika,
Hadiono, K., & Noor Santi, R. C. (2020). Menyongsong Transformasi Digital.
Hardiarti, S., Matematika, P. P., & Yogyakarta, U. N. (2017). Etnomatematika Bangun Datar.
Herman, A., & MS, A. T. (2019). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri
Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan
GenderHerman, A. (2019). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri
Khayat, K. (2020). Etnomatematika: Bangun Datar pada Benteng Van Der Wijck Gombong Jawa Tengah.
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
dan Prestasi Belajar Matematika The Development of Problem-Based Mathematics Instructional
Materials Oriented to Students ’Mathematics Problem Solving Skill and Students’. Indonesian
Journal of Mathematics Education
Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan
Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika,
Mufidatunnisa, N., & Hidayati, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Monumen Dan Museum Peta
Di Kota Bogor. Teorema: Teori Dan Riset Matematika,
Putri Kumalasani, M., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan EModul Berbasis Aplikasi
Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri
0.
Rivaldi (2018). “Indepth Studies of Ethnomathematics Masyarakat Kampung Salapan Kabupaten
Karawang”.
Riyanti dan Novia (2017). Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah
dan penalaran matematis peserta didik.
Rosnawati. (2021) Efektivitas model pembelajaran creative problem solving ditinjau dari kemampuan
penalaran matematis.
Savitri, I. (2017). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik
Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Setiawan, A., Muslimin, A., & Anwar, M. S. (2021). Bahan Ajar Etnomatematika Situs Purbakala Pugung
Raharjo untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis
Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal
Nasional Pendidikan Matematika.
•110 Teorema: Teori dan Riset Matematika, 10(01), 101-110, Maret 2025
Utami, W. T., & Yuwaningsih, D. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Pada Pokok
Bahasan Turunan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro Untuk Siswa SMA Kelas XI.
Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 157–160
Wulandari, C. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks
Wulandari, D. A., Kusumah, Y. S., & Priatna, N. (2022). Eksplorasi Nilai Filosofis Dan Konseptual
Matematis Pada Bangunan Keraton Kasepuhan Cirebon Ditinjau dari Aspek Etnomatematika.
Zed, M.(2014). Metode penelitian kepustakaan . Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.19458
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: