Pengembangan E-Modul Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Menggunakan Heyzine untuk Mengeksplor Kemampuan Penalaran Matematis

Elis Hermawati, Nani Ratnaningsih, Mega Nur Prabawati

Sari


ABSTRACTMathematical reasoning is a fundamental skill that students must possess to deeply understand mathematical concepts andsolve problems logically. However, a preliminary study at SMKN 2 Ciamis revealed that most students struggle to solvereasoning problems, particularly in the topic of plane geometry. This issue is attributed to the lack of contextual and interactivelearning media. This study aims to develop an ethnomathematics-based e-module using the Heyzine platform as an interactivelearning tool contextualized with local cultural elements from Kampung Salapan. The research uses the Research andDevelopment (R&D) method with the 4D development model: Define, Design, Develop, and Disseminate. Expert validationresults indicate that the developed e-module is of excellent quality. A trial conducted with grade XI students at SMKN 2 Ciamisshowed that 70% of students achieved scores above the minimum mastery criterion, with an average score of 82.5.Additionally, students responded enthusiastically to learning using the e-module. Therefore, the ethnomathematics-based e-module developed in this study is deemed valid, practical, and effective in enhancing students' mathematical reasoningabilities.Keywords: E-Module, Ethnomathematics, Heyzine, Mathematical Reasoning, Plane GeometryABSTRAKPenalaran matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa untuk memahami konsep matematika secaramendalam dan menyelesaikan masalah secara logis. Namun, hasil studi di SMKN 2 Ciamis menunjukan bahwa sebagainbesar siswa mengalami kesulitasn dalam menyelesaikan soal penalaran matematis, khususnya pada materi bangun datar.Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual dan minimnya media interaktif. Penelitian inibertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis etnomatematik menggunakan platform Heyzine sebagi mediapembelajaran interkatif yang kontekstual dengan budaya lokal Kampung Salapan. Penelitian ini menggunakan metodeResearch and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil validasioleh ahli menjunjukan bahwa e-modul termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba terhadap siswa kelas XI SMKN 2 Ciamismenunjukan bahwa 70% siswa mencapai nilai di atas KKM, dengan rata-rata 82,5. Selain itu, siswa menunjukan antusiasmetinggi terhadap pembelajaran menggunakan e-modul. Dengan demikian, e-modul berbasis etnomatematika yangdikembangkan dinyatakan layak, praktis, dan efektif dalam mengeksplorasi kemampuan penalaran matematis siswa.Kata kunci: Bangun Datar, E-Modul, Etnomatematika, Heyzine, Penalaran matematis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, R.S.,Sustipa, W.,&Erita,S.(2022).Pengembangan E-M Pembelajaran Matematika

Mengunakan Aplikasi Heyzine Flipbook.Journal on Teacher Education.

Aprilianti,Y.,& Sylviana Zanthy,L (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Pada Materi

Segiempat dan segitiga .,Journal on Education

Ariati, C.,& Juandi,D.(2022).Kemampuan Penalaran Matematis : Systematic Literature Review.Jurnal

Lemma,

Arif, S. (2017). Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Flipping Book. Jurnal Ilmu Komputer Dan

Desain Komunikasi Visual, 2(1), 48–58.

Ascher, M., & Robert Ascher. (1997). Ethnomathematics. Dalam Ethnomathematics Challenging

Eurocentrism in Mathematics Education. Albany: State University of New York Press

Awwaliyah,H.,Rahayu,R.,& Muhlisin,A.(2021).Pengembangan E-modul Berbasis Heyzine Flipbook Untuk

meningkatkan Motivasi belajar Siswa .Tema cahaya Indonesian Journal of Natural Science

Education

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis

Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,

Bishop, A.J. (1998). Education the Mathematical Enculturators. (Paper presented at ICMI China Regional

Conference, Shanghai, Cina, August 1994). Papua New Guinea Journal of Teacher Education,

, (2), 17-20

Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skill and competencies in primary

education. International Journal of Instruction, 11(3), 1-13.

•109Elis Hermawati, Nani Ratnaningsih & Mega Nur Prabawati

D’Ambrosio, U. (1997). Ethnomatematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics.

Dalam Ethnomathematics Challenging Eurocentrism in Mathematics Education. Albany: State

University of New York Press.

Dinda Kurnia Putri, Joko Sulianto, & Mira Azizah. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari

Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education.

Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi.

PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 1

Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan E-modul Matematika untuk Siswa SD

(The Development of E-Modul Mathematics For Primary Students). Jurnal Teknologi Pendidikan

Dan Pembelajaran.

Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan

Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains),

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran

matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika,

Hadiono, K., & Noor Santi, R. C. (2020). Menyongsong Transformasi Digital.

Hardiarti, S., Matematika, P. P., & Yogyakarta, U. N. (2017). Etnomatematika Bangun Datar.

Herman, A., & MS, A. T. (2019). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri

Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan

GenderHerman, A. (2019). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri

Khayat, K. (2020). Etnomatematika: Bangun Datar pada Benteng Van Der Wijck Gombong Jawa Tengah.

UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

dan Prestasi Belajar Matematika The Development of Problem-Based Mathematics Instructional

Materials Oriented to Students ’Mathematics Problem Solving Skill and Students’. Indonesian

Journal of Mathematics Education

Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan

Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika,

Mufidatunnisa, N., & Hidayati, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Monumen Dan Museum Peta

Di Kota Bogor. Teorema: Teori Dan Riset Matematika,

Putri Kumalasani, M., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan EModul Berbasis Aplikasi

Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri

0.

Rivaldi (2018). “Indepth Studies of Ethnomathematics Masyarakat Kampung Salapan Kabupaten

Karawang”.

Riyanti dan Novia (2017). Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah

dan penalaran matematis peserta didik.

Rosnawati. (2021) Efektivitas model pembelajaran creative problem solving ditinjau dari kemampuan

penalaran matematis.

Savitri, I. (2017). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik

Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.

Setiawan, A., Muslimin, A., & Anwar, M. S. (2021). Bahan Ajar Etnomatematika Situs Purbakala Pugung

Raharjo untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis

Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal

Nasional Pendidikan Matematika.

•110 Teorema: Teori dan Riset Matematika, 10(01), 101-110, Maret 2025

Utami, W. T., & Yuwaningsih, D. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Pada Pokok

Bahasan Turunan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro Untuk Siswa SMA Kelas XI.

Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 157–160

Wulandari, C. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks

Wulandari, D. A., Kusumah, Y. S., & Priatna, N. (2022). Eksplorasi Nilai Filosofis Dan Konseptual

Matematis Pada Bangunan Keraton Kasepuhan Cirebon Ditinjau dari Aspek Etnomatematika.

Zed, M.(2014). Metode penelitian kepustakaan . Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.19458

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: