Analisis Literasi Matematika Peserta Didik Kelas V Ditinjau dari Math Anxiety dan Gender
Sari
Referensi
Ashcraft, M. H. (2019). Models of Math Anxiety. In Mathematics Anxiety. https://doi.org/10.4324/9780429199981-1
Awalyah, S., Nuraida, I., & Sunaryo, Y. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Dilihat Dari Perspektif Gender. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 71. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6697
Azzahroh, L. S., & Putri, R. K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SD Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematis. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 37–45. https://doi.org/10.32665/james.v6i1.560
Jannah, M., Rahayu, D. S., & Wulan, E. R. (2022). Profil Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prestasi Belajar Matematika. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 62–77. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.618
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591
Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Firman, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1094
Mansor, N. A. (2020). Perbezaan sosialisasi gender dalam ruang lingkup budaya. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(1), 107–118.
Masse, S. A. A. M. H. A. (2018). Islam dan Budaya Banten. Buletin Al-Turas, 16(1), 200–216. https://doi.org/10.15408/bat.v16i1.4289
Miles, B., & Michael, A. (1994). Data Analysis: 106–107.
Mononen, R., Niemivirta, M., Korhonen, J., Lindskog, M., & Tapola, A. (2022). Developmental relations between mathematics anxiety, symbolic numerical magnitude processing and arithmetic skills from first to second grade. Cognition and Emotion, 36(3), 452–472. https://doi.org/10.1080/02699931.2021.2015296
Mujahidah, S. N., & Khusna, H. (2023). Analisis Kecemasan Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(4), 1345–1356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17977
Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita Analysis of Students ’ Mathematical Literacy Ability in Solving Mathematical Problems in the Form of Story Problems. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36–43.
Nikita Dewi, & Joko Soebagyo. (2022). Analisis Bibliometrik terhadap Likert Scale Mathematics Berbasis VOSViewer. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 71–82. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v12i1.5837
Nursyam, A. (2020). Deskripsi disposisi matematis mahasiswa ditinjau dari perbedaan gender. AN-NISA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 12(2), 679–688.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
OECD. (2023). Pisa 2022 Results. In Factsheets: Vol. I.
Prastyo, D. (2020). Prespektif Gender Dalam Penentuan Pengurus Kelas Di Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 59–63. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p59-63
Rahmi Yuberta, K., Setiawati, W., & Kurnia, L. (2020). Pengaruh Math Anxiety Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Gender. AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 2(1), 81. https://doi.org/10.31958/agenda.v2i1.1995
Sarah Tsaqila, L. A. (2023). Analisis Math Anxiety dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas 5 Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2.
Sari, D. P., Rahmat, T., Aprison, W., & Fitri, H. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika ( Math Anxiety ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MtSN 6 AGAM Tahun Pelajaran 2020 / 2021. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2514–2526.
Zakariya Y. F. (2018). Development of mathematics anxiety scale: Factor analysis as a determinant of subcategories. . Journal of Pedagogical Research., 2(2), 133–144.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i2.20246
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: