Analisis Literasi Matematika Peserta Didik Kelas V Ditinjau dari Math Anxiety dan Gender

Hella Jusra

Sari


Literasi matematika sangatlah penting dimiliki peserta didik karena memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan sehari-hari di berbagai bidang. Namun literasi matematika peserta didik di Indonesia masih dianggap rendah yang disebabkan berbagai faktor salah satunya adalah math anxiety yang berdampak negatif terhadap penyelesaian soal matematika. Selain itu perbedaan gender juga dapat menimbulkan tingkat math anxiety yang berbeda pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika peserta didik kelas V berdasarkan tingkatan math anxiety tinggi, sedang, rendah dan gender. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data  meliputi observasi, kuesioner, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu perwakilan peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan kelas V SDN yang memiliki tingkat math anxiey tinggi, sedang, rendah. Data yang dianalisis dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan tringulasi Teknik yakni dengan membandingkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengindikasikan peserta didik laki-laki memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menjelaskan langkah-langkah penyelesaian soal literasi matematika. Pada kategori math anxiety tinggi peserta didik laki-laki memenuhi dua indikator dengan langkah penyelesaian cukup spesifik sedangkan peserta didik perempuan hanya 1 indikator dengan langkah penyelesaian spesifik. Pada math anxiety sedang dan rendah peserta didik laki-laki dan perempuan memenuhi tiga indikator namun terdapat perbedaan dari langkah penyelesaian yang diberikan. Kategori math anxiety sedang peserta didik laki-laki mampu memberikan langkah penyelesaian cukup spesifik, sedangkan peserta didik perempuan langkah penyelesaiannya kurang spesifik. Kategori math anxiety rendah pada peserta didik laki-laki mampu memberikan langkah penyelesaian spesifik, sedangkan peserta didik perempuan cukup spesifik

Referensi


Ashcraft, M. H. (2019). Models of Math Anxiety. In Mathematics Anxiety. https://doi.org/10.4324/9780429199981-1

Awalyah, S., Nuraida, I., & Sunaryo, Y. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Dilihat Dari Perspektif Gender. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 71. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6697

Azzahroh, L. S., & Putri, R. K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SD Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematis. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 37–45. https://doi.org/10.32665/james.v6i1.560

Jannah, M., Rahayu, D. S., & Wulan, E. R. (2022). Profil Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prestasi Belajar Matematika. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 62–77. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.618

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591

Jumarniati, J., Baharuddin, M. R., & Firman, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.1094

Mansor, N. A. (2020). Perbezaan sosialisasi gender dalam ruang lingkup budaya. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(1), 107–118.

Masse, S. A. A. M. H. A. (2018). Islam dan Budaya Banten. Buletin Al-Turas, 16(1), 200–216. https://doi.org/10.15408/bat.v16i1.4289

Miles, B., & Michael, A. (1994). Data Analysis: 106–107.

Mononen, R., Niemivirta, M., Korhonen, J., Lindskog, M., & Tapola, A. (2022). Developmental relations between mathematics anxiety, symbolic numerical magnitude processing and arithmetic skills from first to second grade. Cognition and Emotion, 36(3), 452–472. https://doi.org/10.1080/02699931.2021.2015296

Mujahidah, S. N., & Khusna, H. (2023). Analisis Kecemasan Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 6(4), 1345–1356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17977

Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita Analysis of Students ’ Mathematical Literacy Ability in Solving Mathematical Problems in the Form of Story Problems. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36–43.

Nikita Dewi, & Joko Soebagyo. (2022). Analisis Bibliometrik terhadap Likert Scale Mathematics Berbasis VOSViewer. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 71–82. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v12i1.5837

Nursyam, A. (2020). Deskripsi disposisi matematis mahasiswa ditinjau dari perbedaan gender. AN-NISA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 12(2), 679–688.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

OECD. (2023). Pisa 2022 Results. In Factsheets: Vol. I.

Prastyo, D. (2020). Prespektif Gender Dalam Penentuan Pengurus Kelas Di Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 59–63. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p59-63

Rahmi Yuberta, K., Setiawati, W., & Kurnia, L. (2020). Pengaruh Math Anxiety Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Gender. AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 2(1), 81. https://doi.org/10.31958/agenda.v2i1.1995

Sarah Tsaqila, L. A. (2023). Analisis Math Anxiety dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas 5 Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2.

Sari, D. P., Rahmat, T., Aprison, W., & Fitri, H. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika ( Math Anxiety ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MtSN 6 AGAM Tahun Pelajaran 2020 / 2021. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2514–2526.

Zakariya Y. F. (2018). Development of mathematics anxiety scale: Factor analysis as a determinant of subcategories. . Journal of Pedagogical Research., 2(2), 133–144.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i2.20246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: