Analisis Kebutuhan Guru terhadap Media Matematika Inklusif melalui Pendekatan Komunikasi Total

M Nuur'aini Sholihat, Avini martini

Sari


Pendidikan inklusif menuntut tersedianya media pembelajaran yang mampu mengakomodasi kebutuhan siswa dengan hambatan komunikasi, khususnya yang termasuk kategori speech, language, and communication needs (SLCN). Namun, media yang tersedia di sekolah dasar inklusi umumnya masih bersifat umum dan belum sepenuhnya ramah komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap media pembelajaran matematika inklusif berbasis komunikasi total sebagai dasar pengembangan media KASUMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan desain analisis kebutuhan. Responden penelitian terdiri atas 32 guru dari 15 sekolah dasar inklusi yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Sumedang. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika terwujud pada empat aspek utama, yaitu kesulitan memahami instruksi lisan, melafalkan istilah matematika, mengucapkan angka, dan memahami soal cerita. Guru menegaskan kebutuhan yang sangat tinggi terhadap media dengan dukungan audio-visual, aktivitas hands-on, serta fitur interaktif yang fleksibel. Namun, dukungan fasilitas sekolah dan keterlibatan orang tua masih terbatas, sehingga kebutuhan tersebut belum sepenuhnya terpenuhi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media berbasis komunikasi total yang dikontekstualisasikan dengan kearifan lokal sangat dibutuhkan untuk menjembatani hambatan komunikasi sekaligus memperkuat pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Temuan ini memberikan dasar konseptual dan praktis bagi pengembangan media matematika inklusif yang ramah komunikasi, sesuai dengan karakteristik perkembangan anak dan tuntutan Kurikulum Merdeka.

Referensi


Adhimah, O. K., Fauziyah, N., & Azhari, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 309. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6513

Asyfaini, S. S. A., & Sari, C. K. (2023). Number Sense Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 295. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i2.7583

Bryan, T. H. (1977). Learning Disabled Children’s Comprehension of Nonverbal Communication. Journal of Learning Disabilities, 10(8), 501–506. https://doi.org/10.1177/002221947701000808

Castaldi, E., Piazza, M., & Iuculano, T. (2020). Learning disabilities: Developmental dyscalculia. In Developmental dyscalculia (pp. 61–75). https://doi.org/10.1016/B978-0-444-64148-9.00005-3

da Cruz, F. M. (2023). Multimodal interaction analysis of non-lexical vocalisations in low-verbal autistic children. Clinical Linguistics & Phonetics, 37(4–6), 491–512. https://doi.org/10.1080/02699206.2022.2082887

Fikri, H. I., Alkhoiri, M. faiz, & Zulfadewina, Z. (2025). Implementation of Inclusive Education at SDN Ciracas 15 Pagi. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 5(1), 126–129. https://doi.org/https://doi.org/10.56495/jrip.v5i1.877

Fitriani, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Penelitian Implementasi Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Indonesia. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1293. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3968

Güneş, H., & Genç, Z. (2021). The Effect of LEGO Manipulative Use on Student Performance in the Mathematical Skills of the 2nd Grade: Parents “and Students” Views. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 9(4), 50–67. https://doi.org/10.52380/mojet.2021.9.4.260

BKSDM, kepala. (2025). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. .

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.

Moreno-Núñez, A., & Casla, M. (2024). Gestures, objects, and spaces: Exploring teachers’ multimodal communication in nursery schools. Europe’s Journal of Psychology, 20(2), 129–142. https://doi.org/10.5964/ejop.12291

Murillo, E., Camacho, L., & Montero, I. (2021). Multimodal Communication in Children with Autism Spectrum Disorder and Different Linguistic Development. Journal of Autism and Developmental Disorders, 51(5), 1528–1539. https://doi.org/10.1007/s10803-020-04637-7

Navas-Bonilla, C. del R., Guerra-Arango, J. A., Oviedo-Guado, D. A., & Murillo-Noriega, D. E. (2025). Inclusive education through technology: a systematic review of types, tools and characteristics. Frontiers in Education, 10. https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1527851

Nys, J., Content, A., & Leybaert, J. (2013). Impact of Language Abilities on Exact and Approximate Number Skills Development: Evidence From Children With Specific Language Impairment. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 56(3), 956–970. https://doi.org/10.1044/1092-4388(2012/10-0229)

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Panjaitan, M., Dinihari, Y., & Ferry Siburian, M. (2025). Pendidikan Bahasa Khusus Dan Literasi Sosial Sebagai Pilar Keadilan Inklusif Menuju Indonesia Emas 2045 (Vol. 14, Issue 2). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm

Qamaria, R. S., Trisyafatna, K., & Burhani, M. I. (2024). Practicing Interpersonal Skills in Children With Speech Delays Using Finger Puppets. Jurnal Psikologi Tabularasa, 19(1), 18–35. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jpk.v12i2.54321

Rahmawati, F. (2024). Alat Peraga Matematika Manipulatif Geometri Siswa Tunarungu. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(1), 133. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i1.12726

Rizada, C. S., & Rey, R. P. (2023). Effects of Using Technology on the Academic Performance in Mathematics of the College Millennial Learners. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 2(6), 2495–2508. https://doi.org/10.55927/eajmr.v2i6.4055

Salsabillah, A. N., Suwandayani, B. I., & Nuro, F. R. M. (2023). Implementation of the independent curriculum for students with special needs at SDN Gadang 03 Malang City. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 9(1), 110–119. https://doi.org/10.29407/jpdn.v9i1.20445

Saul, J., Griffiths, S., & Norbury, C. F. (2023). Prevalence and functional impact of social (pragmatic) communication disorders. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 64(3), 376–387. https://doi.org/10.1111/jcpp.13705

Setyowati, E., Hendratno, H., & Sukartiningsih, W. (2024). Assessing the Impact of Local Wisdom on Indonesian Language Learning in Primary Schools. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 6(3). https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i3.6473

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. . Alfabeta.

Suriatika, N. F., Habsy, B. A., & Sartinah, E. P. (2024). Persepektif Bullying Terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Sistem Pendidikan Inklusif: Studi Literatur. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1186–1205. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7178

Tarishah, S. D., Hikmah, N., & Dewina, Z. (2025). Strategi Pembelajaran dan Kebijakan Sekolah dalam Mendukung Pendidikan Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 1264–1271. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22057

Tlili, A., Denden, M., Duan, A., Padilla-Zea, N., Huang, R., Sun, T., & Burgos, D. (2022). Game-Based Learning for Learners With Disabilities—What Is Next? A Systematic Literature Review From the Activity Theory Perspective. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.814691

Tschannen-Moran, M., & Hoy, A. W. (2001). Teacher efficacy: capturing an elusive construct. Teaching and Teacher Education, 17(7), 783–805. https://doi.org/10.1016/S0742-051X(01)00036-1

UNESCO. (2023). Global Education Monitoring Report 2023: Technology in Education. UNESCO Publishing; UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000385723

Witkin, B. R., & Altschuld, J. W. (1995). Planning and conducting needs assessments: A practical guide. Sage Publications.

Yuliani, R. E., Ediyanto, & Ummah, U. S. (2024). Interaksi Sosial Siswa Slow Learner di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di SDN Kota Malang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 800–811. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.316




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i2.21562

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: