Analisis Kesalahan Mahasiswa Teknik Komputer dalam Memecahkan Masalah Limit Fungsi

Risko - Naibaho, Fitria Sulistyowati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan mahasiswa teknik komputer dalam menyelesaikan materi limit fungsi aljabar dengan berbagai teknik penyelesaian dalam limit fungsi serta menemukan faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal limit fungsi aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif  yang mendeskripsikan kesulitan mahasiswa dalam menyelesaiakn materi limit fungsi aljabar. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa teknik komputer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik triangulasi yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah subjek mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep limit fungsi aljabar, kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konsep dasar limit, yang merupakan pondasi penting untuk bisa memahami limit. Akibatnya subjek menggunakan teknik penyelesaian yang tidak tepat seperti hanya mengandalkan teknik subtitusi langsung. Selain itu subjek tampaknya tidak mampu menterjemahkan soal yang memerlukan penyederhanan lanjutan untuk menemukan penyelesaian dari soal limit tersebut.Kata kunci: Limit Fungsi Aljabar, Kesulitan Mahasiswa, Teknik Komputer

Referensi


Abdali, T.-A. N., Hassan, R., Aman, A. H. M., & Nguyen, Q. N. (2021). Fog computing advancement: Concept, architecture, applications, advantages, and open issues. IEEE Access, 9, 75961–75980.

Alhassora, N. S. A., Abu, M. S., & Abdullah, A. H. (2017). Newman error analysis on evaluating and creating thinking skills. Man In India, 19(97), 413–427.

Aliah, S. N., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita pada materi segitiga dan segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111–118.

Al-Mutawah, M. A., Thomas, R., Eid, A., Mahmoud, E. Y., & Fateel, M. J. (2019). Conceptual Understanding, Procedural Knowledge and Problem-Solving Skills in Mathematics: High School Graduates Work Analysis and Standpoints. International Journal of Education and Practice, 7(3), 258–273.

Anajihah, N. M., Sulistyowati, F., Pardimin, P., Kuncoro, K. S., & Harini, E. (2023). Analisis persepsi siswa SMK terhadap relevansi matematika dengan kejuruan teknik mesin. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 390–397.

Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.19

Aydin, S., & Mutlu, C. (2013). Students’ understanding of the concept of limit of a function in vocational high school mathematics. The Online Journal of Science and Technology, 3(1), 145–152.

Carter, N., Bryant-Lukosius D, DiCenso A, Blythe J, & Neville A. J. (2014). The use of triangulation in qualitative research. Oncol Nurs Forum, 41(5), 545–547.

Chashechkin, Y. D. (2021). Foundations of engineering mathematics applied for fluid flows. Axioms, 10(4), 286.

Copur-Gencturk, Y., & Tolar, T. (2022). Mathematics teaching expertise: A study of the dimensionality of content knowledge, pedagogical content knowledge, and content-specific noticing skills. Teaching and Teacher Education, 114, 103696.

Desriyati, W., & Rahmi, H. (2021). Analisis terhadap Kesulitan Belajar Mahasiswa Teknik Informatika pada Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 9(01).

Donkoh, S., & Mensah, J. (2023). Application of triangulation in qualitative research. Journal of Applied Biotechnology and Bioengineering, 10(1), 6–9.

Erdriani, D., & Devita, D. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pada materi pertidaksamaan dan fungsi limit. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 52–62.

Hidayati, T. (2019). Analysis of the difficulty of learning calculus students of informatics engineering. Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informatika 5, 186–189.

Irfan, M., Widodo, S. A., Sulistyowati, F., Arif, D. F., & Syaifuddin, M. W. (2023). Student errors in solving higher order thinking skills problems: bridge context. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 5(2), 185–194.

Istiqomah, F. N., & Sulistyowati, F. (2023). Kesalahan siswa smk dalam menyelesaikan permasalahan bilangan pangkat. ProSANDIKA UNIKAL: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 4(1), 629–636.

Jufri, J. (2022). Miskonsepsi mahasiswa STKIP Rokania pada materi limit fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 414–422. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1200

Kholifah, S., & Suyadnya, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif; berbagi pengalaman dari lapangan. Yogyakarta: Rajagrafindo Persada.

Knuth, D. E. (1976). Mathematics and computer science: coping with finiteness: advances in our ability to compute are bringing us substantially closer to ultimate limitations. Science, 194(4271), 1235–1242.

Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–216. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS

Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang sisi lengkung menggunakan prosedur newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 125–138.

Mathematics, R. A. C. (1988). NCTM curriculum and evaluation standards for school mathematics: Responses from the research community. Journal for Research in Mathematics Education, 338–344.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. Ke-30.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moreno-Guerrero, A.nJ., Aznar-Díaz, I., Cáceres-Reche, P., & Alonso-García, S. (2020). E-learning in the teaching of mathematics: an educational experience in adult high school. Mathematics, 8(5), 840.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. 1–23.

Palandeng, B. M., Tumalun, N. K., & Wenas, J. R. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi matriks di SMA N 1 Tondano berdasarkan prosedur Newman. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 9(1), 31–39.

Putri, O. A., Gimin, G., & Supentri, S. (2022). Pengaruh kegiatan OSIS terhadap karakter peduli sosial siswa kelas XI SMA Negeri 3 Dumai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2017). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681.

Smith, M., Bill, V., & Raith, M. L. (2018). Promoting a conceptual understanding of mathematics. Mathematics Teaching in the Middle School, 24(1), 36–43.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.

Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2019). Solving high order thinking problem with a different way in trigonometry. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 12001.

Suryanti, S., Sari, C. Y., & Kristiani, K. (2020). Kesalahan penyelesaian soal statistika tipe high order thinking skills berdasarkan teori Newman. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 207–218.

Tampubolon, K., & Sianturi, C. F. (2020). Hubungan pengetahuan kalkulus terhadap prestasi belajar mahasiswa STMIK Budi Darma Medan. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 02(01), 60–74. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i1.895

Zega, Y. (2021). Menyelesaikan permasalahan matematika dengan prosedur Newman. DIDAKTIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains Dan Pembelajarannya, 15(2), 2652–2659.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i2.21595

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: