ASOSIASI PENALARAN SPASIAL DAN SELF ESTEEM MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIK DATAR

Dian Nopitasari, Westi Bilda

Sari


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross section design yang bertujuan untuk mengetahui asosiasi antara kemampuan penalaran spasial matematis mahasiswa dan self esteem matematis mahasiswa, khususnya mahasiswa semester 2 pada mata kuliah geometri analitik datar. Data yang dianalisis adalah data kuantitatif dan data kualitatifberupa hasil tes kemampuan penalaran spasial matematis dan skala self esteem mahasiswa. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat asosiasi antara kemampuan penalaran spasial matematis mahasiswa dan self esteem matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badjeber, R. (2015). Penerapan pembelajaran inkuiri model alberta untuk meningkatkan kemampuan penalaran, koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Tesis, SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Terjemahan oleh Achmad Fawaid. (2010). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gardner, H. (1993). Frame of minds: The theory of multiple intelegence (Terjemahan). N.Y: Basic Books.

Lawrence, D. (2006). Enhancing self-esteem in the classroom (3rded.). London: Paul Chapman Publishing.

Lutan, R. (2003). Self esteem: Landasan kepribadian. Jakarta: Bagian proyek peningkatan mutu organisasi dan tenaga keolahragaan dirjen olahraga depdiknas.

Mullis, Ina, V. S., et all. (2012). TIMSS 2011 International result in mathematics. United States: Lynch School of Education Boston College Chestnut Hill, MA 02467.

Nurlatifah, Wijaksana, A. H., & Rahayu, W. (2013). Mengembangkan kemampuan penalaran spasial siswa SMP pada konsep volume dan luas permukaan dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 465-472.

The Morris Rosenberg Foundation. (2008). The rosenberg self-esteem scale. University of Maryland, [online]. Tersedia: http://www.bsos.umd.edu/socy/Research/rosenberg.htm.

Young, E. L., & Hoffann, L. L. (2004). Self esteem in children: Strategies for parents and educators. Dalam A. S. Canter et. al. (Eds), Helping children at home and school II: Strategies for families and educators (pp 87-89 (S5)). Bethesda, MD: NASP Publications




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2446

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: