PERBANDINGAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL PROBLEM POSING SISWA ANTARA PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Harry Dwi Putra, Risma Amelia, Ratna Sariningsih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mathematical problem posing siswa SMK antara yang menggunakan pendekatan open-ended dan pendekatan saintifik. Populasi penelitian adalah siswa SMK kelas XI di SMK TI Pembangunan Kota Cimahi, Jawa Barat. Sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling, yaitu dua kelas dengan kemampuan matematis siswa yang tidak berbeda secara signifikan, sehingga diperoleh dua kelas yaitu XI RPL-B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan open-ended dan XI TEI-C sebagai kelas kontrol yang menggunakan pendekatan saintifik. Kedua kelas memiliki kemampuan matematis yang tidak berbeda secara signifikan melalui uji-t. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan mathematical problem posing yang berjumlah lima butir soal uraian pada materi persamaan kuadrat. Teknik analisis data menggunakan uji statistic independent sample t-test terhadap hasil data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui uji normalitas, dan uji nonparametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mathematical problem posing siswa menggunakan pendekatan open-ended lebih baik daripada menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan open-ended memberikan siswa kesempatan yang lebih banyak dalam mengeksplorasi aktivitas menyusun masalah baru atau membuat pertanyaan berdasarkan informasi yang tersedia, sehingga jawaban siswa menjadi lebih beraneka ragam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriansyah, E. A. (2017). Problem posing sebagai kemampuan matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163–180. Doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.303.

Afrilianto, M. (2014). Strategi formulate share listen create untuk mengembangkan kemampuan matehamtical problem posing siswa smp. DIDAKTIK: Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 8(1), 21–28.

Ardianik, Widayat, E., Izzah, N., & Kusmiyati. (2020). The level of student’s creative thinking through solving open ended mathematics from learning style. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(9), 207–213. Doi: https://doi.org/10.31838/srp.2020.9.34.

Erickson, J. A. (2020). Natural language processing for open ended questions in mathematics within intelligent tutoring systems. Proceedings of the 13th International Conference on Educational Data Mining, EDM 2020 (pp. 1–4).

Fatah, A., Suryadi, D., Sabandar, J., & Turmudi. (2016). Open ended approach: an effort in cultivating students’ mathematical creative thinking ability and self esteem in mathematics. Journal On Mathematics Education, 7(1), 11–20. Doi: https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2813.9-18.

Haryani, F. (2020). Flexibility in mathematics: case of open-ended graphing task in college algebra. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4), 873–879.

Imai, T. (2000). The influence of overcoming fixation in mathematics towards divergent thinking in open-ended mathematics problems on Japanese junior high school students. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 31(2), 187–193. Doi: https://doi.org/10.1080/002073900287246.

Irawan, A., & Surya, E. (2017). Application of the open-ended approach to mathematics learning in the sub-subject of rectangular. International Journal of Sciences : Basic and Applied Research, 33(3), 270–279.

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3.

Kartika, E. (2015). Kreativitas siswa smp rsbi dalam pemecahan dan pengajuan masalah matematika berdasarkan open-ended problem picture ditinjau dari kemampuan matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(2), 36–46. https://doi.org/10.31597/ja.v1i2.151.

Komalasari, Y., Marlina, N., Ratnapuri, S., & Amelia, R. (2018). Menganalisis kemampuan mathematical problem possing pada mata pelajaran matematika siswa sma. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 359–368. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.3092.

Kwon, O. N., Park, J. S., & Park, J. H. (2006). Cultivating divergent thinking in mathematics through an open-ended approach. Asia Pacific Education Review, 7(1), 51–61. https://doi.org/10.1007/BF03036784.

Melianingsih, N., & Sugiman, S. (2015). Keefektifan pendekatan open-ended dan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar di smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 211–223. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7335.

Pua, N., Sutarto, & Yuntawati. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas vii mts n kute lombok tengah tahun pelajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembangan Indonesia (pp.386–390).

Putra, H. D. (2017). Pengembangan instrumen untuk meningkatkan kemampuan mathematical problem posing siswa sma. Euclid, 4(1), 636–645. https://doi.org/10.33603/e.v4i1.211.

Putra, H. D., Herman, T., & Sumarmo, U. (2017). Development of student worksheets to improve the ability of mathematical problem posing. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5507.

Sakti, D. P., Hartanto, & Dharmayana, I. W. (2017). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 174–182. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/4430.

Sinambela, P. (2013). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29.

Subur, J. (2013). Analisis Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tingkat kemampuan matematika di kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, 13(1), 50–55.

Sudiarta, I. G. P. (2005). Pengembangan kompetensi berpikir divergen dan kritis melalui pemecahan masalah matematika open ended. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 527–548.

Suherman, E. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 133.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.2932

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: