PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Musyafa Musyafa, Warsali Warsali, Cecep Saepul Milah, Aliyudin Aliyudin, In In Supianti, Asep Amam

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman belajar matematika siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Artikel ini merupakan hasil dari penelitian tindakan kelas, dilakukan selama dua siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A SMP Plus Nurul Hidayah Garut. Peneliti mengetahui bahwa secara umum pemahaman terhadap materi matematika siswa tergolong masih rendah. Berdasarkan analisis pencapaian ketuntasan dengan KKM 65. Rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum tindakan sebesar 35,89 dari 32 siswa dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 15. Setelah dilakukan tindakan, diperoleh hasil rata-rata pemahaman matematik meningkat dari 70,95% pada siklus I menjadi 72,86% pada siklus II. Sedangkan daya serap matematika dari 73,81% pada siklus I menjadi 88,09% pada siklus II. Dengan demikian model pembelajaran dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan pemahaman matematik siswa pada materi aritmatika sosial.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ekowati, Ch, K., Muhammad, D., Upa, H. M. D, & Tahmir, S. (2015). The Application of Contextual Approach in Learning Mathematics to Improve Students Motivation at SMPN 1 Kupang. International Education Studies;, 8(8), 81-86.

Glynn, S. M., & Winter, L. K. (2004). Contextual Teaching and Learning of science in elementary schools. Journal of Elementary Science Education.

Hudojo, H. (1998). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.

Jhonson, E. B. (2014). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Ruswana, A. M. (2016). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (PISI) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 55–65.

Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012171, (1-7).

Prasetya, J. T., & Ahmadi, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV.

Yildiz, A & Baltaci, S. (2016). Reflections From the Analytic Geometry Courses Based On Contextual Teaching and Learning Through Geogebra Software. The Online Journal of New Horizons in Education, 6(4), 155-166.

Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy 2(2), 11-29.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika,4(2),111-120.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3263

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: