PROFIL KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP DI KOTA CIREBON BERDASARKAN STANDAR TIMSS

Munaji Munaji, Mochammad Iman Setiawahyu

Sari


Skor siswa Indonesia dalam Trend International in Mathematics and Science Study (TIMSS) berada pada posisi bawah. Namun demikian belum ada hasil penelitian pada posisi mana siswa di Kota Cirebon saat ini dalam skor TIMSS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan matematika siswa SMP di Kota Cirebon berdasarkan standar TIMSS.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei model cross-sectional survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan subyeknya siswa kelas VIII SMP sebanyak 676 siswa dari sekolah negeri dan swasta. Pengumpulan data kemampuan matematika dilakukan dengan memberikan tes matematika model TIMSS yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan matematika siswa SMP di Kota Cirebon mencapai 498, lebih baik bila dibandingkan dengan rata-rata skor TIMSS secara nasional yang mencapai 386. Namun sedikit lebih rendah dari skor TIMSS  internasional yang mencapai skor 500. Berdasarkan perbedaan gender, siswa perempuan di Kota Cirebon lebih baik dibandingkan siswa laiki-laki baik ditinjau dari level kemampuan matematika maupun ditinjau dari domain TIMSS. Kemampuan matematika siswa SMP di Kota Cirebon masih perlu ditingkatkan lagi terutama pada domain applying dan reasoning.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ani, E. U., & Rahayu, P. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berbentuk Soal Cerita Materi Bangun Ruang. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM). [Online] Tersedia: https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p40-49

As’ari, A.R., et. al. (Kementrian P. dan K. R. I. (2017). Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VIII. Cetakan Ke-2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Benölken, R. (2015). Gender- and Giftedness-specific Differences in Mathematical Self-concepts, Attributions and Interests. Procedia - Social and Behavioral Sciences. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.690

Colomeischi, A. A., & Colomeischi, T. (2015). The Students ‘Emotional Life and Their Attitude toward Mathematics Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.192

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, and A. A. (2012). Timss 2011 International Results in Mathematics. In TIMSS & PIRLS International Study Center.

Kusumaningtyas, S. I., Juniati, D., & Lukito, A. (2017). Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Siswa Kelas VII SMP Ditinjuau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6994

Munaji. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 10, Issue 2). [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.26877/AKS.V10I2.3960

Musyafa, at.al., (2020). Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 69–76. [Online]. Tersedia: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3263

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano. [Online]. Tersedia: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15067

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I). In OECD Publishing. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Rahayu, R., & Kartono. (2014). The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based On IDEAL Problem Solver. International Journal of Science and Research.

Setiadi, H. et al., (2012). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia dalam Benchmark Internasional TIMSS 201 (Rahmawati (Ed.)). [Online]. Tersedia: https://id.scribd.com/document/324282058/LAPORAN-TIMSS-2011-Kemampuan-Matematika-Siswa-SMP-Indonesia-berdasarkan-Benchmark-TIMSS-2011-pdf

Singpurwwala, D. (2015). A Handbook of Statistics: Overview of Statistical Methods. 1st Edition. Bookboon : London

Shintawati, E., & Jupri, A. (2018). Analysis of students’ incorrect answers at triangle materials in the fifth-grade of primary school. Journal of Physics: Conference Series. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012145

Suprihatin, et al., (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JKPM : Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 9–13. [Online]. Tersedia: http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa Smp. JIPMat. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5502

Wardhani, S. & Rumiati. (2011). Instrumen penilaian hasil belajar matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Modul Matematika SMP Program BERMUTU. Kementrian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan : Yogyakarta

Yunia, N & Zanthy, L.S., (2020). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105–116. [Online]. Tersedia: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3263




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3732

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: