PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR V-A-K PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Siti Marwiyah, Heni Pujiastuti, Sukirwan Sukirwan

Sari


Kemampuan siswa dalam menyerap, mengatur, dan mengolah informasi pada pembelajaran tidaklah sama. Hal ini terjadi karena perbedaan karakteristik gaya belajar yang beragam. Adanya perbedaan gaya belajar mempengaruhi proses pembelajaran yang diterapkan. Oleh karena itu, siswa harus mengetahui terlebih dahulu gaya belajar yang sesuai bagi dirinya sendiri. Untuk memaksimalkannya, siswa perlu dikenali mengenai kategori dan karakteristik gaya belajar visual, auditori, ataupun kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah enam siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 3 Cilegon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik memiliki kemampuan penalaran matematis yang berbeda pada setiap indikator kemampuan penalaran matematis. Siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik dalam menarik kesimpulan dari pernyataan. Namun, siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik memiliki kelemahan dalam menyusun bukti.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, L., Roesdiana, L., & Imami, A. I. (2018). Implementasi model brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa sma. Prosiding Sesiomadika, 1(1a), 410–424.

Asnawati, S. (2016). Penggunaan teknik murder pendekatan metakognitif untuk meningkatkan penalaran matematis mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah geometri analitik. Teorema: Teori dan Riset matematika, 1(1).

Dani, S., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2017). Pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan generalisasi matematis siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 182–193.

DePorter, & Hernacky. (2013). Quantum learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Kaifa.

Fadillah, A. (2016). Pembelajaran matematika dengan model core melalui pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa smp. Jurnal Prima, 5(2), 15–24.

Fajriyah, L., & Zanthy, L. S. (2019). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematis siswa smp. Jounal on Education, 01(03), 211–216.

Farida, A. R., Caswita, & Gunawibowo, P. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(6), 644–654.

Hanifah, A. N., Sa’adah, N., & Sasongko, A. D. (2019). Hubungan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa smk melalui model pembelajaran hypnoteaching. Teorema: Teori dan Riset matematika, 4(2), 121–130.

Haryono, A., & Tanujaya, B. (2018). Profil kemampuan penalaran induktif matematika mahasiswa pendidikan matematika unipa ditinjau dari gaya belajar. Journal of Honai Math, 1(2), 127–138.

Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69–82.

Karim, A. (2014). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Formatif, 4(3), 188–195.

Kemdikbud. (2013). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud.

Lestari, R. M., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model guided inquiry, student teams achievement division, dan kemampuan penalaran matematis siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 153–165.

Mikrayanti, M. (2016). Meningkatkan kemampuan penalaran matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 97–102.

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM.

Ridwan, M. (2017). Profil kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193–206.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UPI.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.

Utami, M. G., & Meliasari. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa ditinjau dari gaya belajar. Prosiding DPNPM, 5(1), 125–132.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3738

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: