PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SUITE FOR EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN KOLABORATIF SISWA

Abi Talib, Suaedi Suaedi, Muhammad Ilyas

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran matematika berbasis google suite for education dapat meningkatkan kecakapan kolaboratif siswa kelas VI SD YPS Singkole. Waktu penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan satuan eksperimen yang dipilih berjumlah 30 siswa kelas VI di SD YPS Singkole. Penentuan satuan eksperimen dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa, dan lembar observasi kecakapan kolaboratif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika berbasis google suite for education berada pada kategori aktif; (2) keterlaksanaan pembelajaran matematika berbasis google suite for education berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik; (3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis google suite for education berada pada kategori positif; (4) kemampuan kecakapan kolaboratif siswa kelas VI SD YPS Singkole Tahun Pelajaran 2020/2021 pada pembelajaran matematika berbasis google suite for education berada pada kategori sangat baik; dan (5) pembelajaran matematika berbasis google suite for education dapat meningkatkan kecakapan kolaboratif siswa kelas VI SD YPS Singkole Tahun Pelajaran 2020//2021 dengan klasifikasi tinggi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2004). Prosedur penelitian (suatu pendekatan praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, N. (2016). Model pembelajaran menumbuhkembangkan kemampuan metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M), 192.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2018). Pengembangan kelas virtual dengan google classroom dalam keterampilan pemecahan masalah (problem solving) topik vektor pada siswa smk untuk mendukung pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Hasbullah. (2014). Blended learning, trend strategi pembelajaran matematika masa depan. Jurnal Formatif, 4(1), 65–70. Doi: https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.140.

Hermawan., Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain rubrik kemampuan berkolaborasi siswa smp dalam materi pemantulan cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF), 3(2), 167–174. Doi: https://doi.org/10.21009/1.03207.

Herrick, D. R. (2010). Google this! using google apps for collaboration and productivity. Colorado State University, 55–63.

Izza, J. (2019). Mengawali integritas era digital 2019. Buletin APJII, 5.

Kusuma, D. A. (2020). Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169–175. Doi: DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504.

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh (pjj) di masa pandemi covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107-115. Doi: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.

Riasari, D. (2018). Peranan model pembelajaran matematika berbasis blended learning terhadap komunikasi matematis siswa dalam materi statistik pada sman 1 tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 813-820. Doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.28.

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Universitas Bengkulu.

Supianti, I. I. (2016). Dampak penerapan e-learning dalam pembelajaran matematika terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Teorema: Jurnal Teori dan Riset matematika, 1(1).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263–278.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147. Doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4470

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: