MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SERTA SELF CONFIDENCE SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BRAIN-BASED LEARNING
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adhiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri. (2018). Pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi, matematis siswa ditinjau dari kreativitas. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Volume, 8(2), 127–139. DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2905.
Afgani, J. D. (2011). Analisis kurikulum matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ansari, B. I. (2016). Komunikasi matematika, strategi berpikir dan manajemen belajar (konsep dan aplikasi). Banda Aceh: Pena.
Awalola, S. A. (2011). Effect of brain-based learning strategy on student’s achievement in senior secendary school mathematics in oyo state nigeria. Cypriot Journal of Educational Sciences, 6(2), 91–106.
Azmi, M. P. (2017). Asosiasi antara kemampuan analogi dengan komunikasi matematik siswa smp. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 91–100. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.902
Hendriana. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui melalui pembelajaran matematika humanis. Pengajaran MIPA, 19, 56.
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Penilaian pembelajaran matematika edisi revisi. Bandung: Rafika Aditama.
Hendriana, B., Nuriadin, I., & Rachmaeni, L. (2019). Pengaruh model brain based learning berbantuan cabri 3d terhadap kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 4(1), 18-28. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v4i1.1435.
Jensen, E. (2008). Brain-based learning the new paradigm of teaching corwin. Press A Sage Company, Thousand Oaks CA 91320.
Jensen, E. (2009). Brain-based learning edisi revisi (Revisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khodijah, N. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lang, R. H., & Evan, N. (2006). Models, strategies, and methodes. New York: Pearson.
Maya, R. (2011). Pengaruh pembelajaran dengan metode termodifikasi terhadap pencapaian kemampuan pemahaman dan pembuktian matematik mahasiswa. Disertasi pada SPS UPI Bandung.
Musfiqon, H.M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritisdan penalaran matematis siswa dengan menggunakan metode brain based learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 13–22. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.341.
Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning. Jurnal Pendidikan, 4(1).
Rianto, H. (2014). Pengaruh pembelajaran inquiry dan problem solving terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi lengkung di smpn 2 panjalu ciamis. Tesis: UNY
Rohayati, I. (2011). Program bimbingan teman sebaya untuk meningkatkan percaya diri siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, ISSN 1412-565X.
Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang noneksakta lainnya. Bandung: Tarsito
Sumarmo, U. (2010). Berpikir disposisi matematik: apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. FMIPA UPI. Tersedia.
Sundayana, R. (2010). Statistika penelitian pendidikan. Garut. STKIP Garut.
Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung Remaja Rosdakarya.
Uyanto. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4490
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: