KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PJJ DIMASA COVID-19

Muhammad Iqbal Harisuddin

Sari


Penelitian ini tentang pembelajaran matematika dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran jarak jauh berbasis WhatsApp group, serta untuk mengetahui kemandirian belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dawuan semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen tes dan non tes. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berupa soal uraian dan instrumen non tes berupa angket kemandirian belajar siswa. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data menggunakan statistik inferensial dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan hampir setengahnya siswa telah memiliki kemandirian belajar matematika dengan pembelajaran jarak jauh berbasis WhatsApp group.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Habibatul, I. K., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas iv. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 210-218. Doi: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629.

Herdiana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: PT Refika Adiatama.

Hoskins, B. J. (2013). Is distance learning transformational?. The Journal of Continuing Higher Education, 61(1),62-63. Doi:10.1080/07377363.2013.759488.

Kartasasmita, B. G. (2020). Pembelajaran daring di masa covid-19: strategi pemanfaatan teknologi dalam home-based learning. Bandung: Webinar Ikatan Keluarga Alumni Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan. Tanggal 9 Mei 2020.

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform WhatsApp group dan webinar zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik covid 19. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97-106. Doi: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942.

Lentell, H. (2012). Distance learning in British universities: is it Possible?. Open Learning: The Journal of Open, Distance And E-Learning, 27(1), 23-36. Doi: 10.1080/02680513.2012.640782.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Munaji., & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil kemampuan matematika siswa smp di kota cirebon berdasarkan standar timss. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 249–262. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3732.

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan strategi polya pada model pembelajaran problem based learning berbasis hands on activity. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 223-236. Doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.768.

Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa smp. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2),187-202. Doi: Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung:CV Alfabeta.

Yaniawati, R. P. (2020). Strategi pemanfaatan teknologi dalam home-based learning. Bandung: Webinar Ikatan Keluarga Alumni Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan. Tanggal 9 Mei 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4683

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: