PEMBELAJARAN TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA PERKULIAHAN PRA-KALKULUS 1

Sulistiawati Sulistiawati, Dadang Juandi, Ricki Yuliardi

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan literasi matematis yang menjadi perhatian global dalam pembelajaran/perkuliahan matematika. Salah satu cara untuk menumbuhkan kemampuan literasi matematis adalah dengan mengintegrasikan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pembelajaran yang mengintegrasikan STEM pada perkuliahan Pra Kalkulus 1 bagi mahasiswa calon guru matematika pada materi fungsi;(2) mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan literasi matematis mahasiswa calon guru matematika melalui pembelajaran yang terintegrasi STEM; dan (3)  mendeskripsikan bagaimana respon mahasiswa calon guru matematika terhadap pembelajaran yang terintegrasi STEM.Metode dalam penelitian iniadalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah enam mahasiswa STKIP Surya yang mengikuti pembelajaran/perkuliahan Pra-Kalkulus 1 padaSemester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes literasi matematis (7 butir soal) dan angket (30 butir pernyataan). Hasil penelitian ini adalah:(1) pembelajaran Pra Kalkulus materi fungsi terintegrasi STEM bagi mahasiswa calon guru disampaikan dengan menyampaikan konsep-konsep diawali dari konteks dan juga implementasinya dalam bidang sains, teknologi, rekayasa/teknik, dan matematika melalui proses pembelajaran secara ceramah, demonstrasi, eksplorasi, latihan, dan penugasan proyek; (2) mahasiswa memiliki penguasaan literasi matematis dengan peningkatan pada kategori sedang; dan (3) mahasiswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, D., Suherman, S. & Maulana, H. (2018). Teacher mathematical literacy: Case study of junior high school teachers in pasaman. ICOMSET: IOP Conf. Series: Material science and engineering 335, 4-5. doi:10.1088/1757-899X/335/1/011001.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bolstad, O. H. (2020). Secondary teachers’ operationalisation of mathematical literacy. Europian Journal of Science and Mathematics Education, 8(3), 115–135. Doi: https://doi.org/10.30935/scimath/9551.

Carraher, D. & Schliemann, A. D. (2002). Is everyday mathematics truly relevant to mathematics education. Journal for Research in Mathematics Education Monograph, 11, 131–152. Doi: https://doi.org/10.2307/749968.

Genc, M. & Erbas, A. K. (2019). Secondory mathematics teachers’ conceptions of mathematical literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology (IJEMST), 7(3), 222–237.

Handelsman, J. & Smith, M. (2016). Summary: The administration is working to expand STEM education and employment opportunities to all students. [Online]. Tersedia: https://obamawhitehouse.archives.gov/blog/2016/02/11/stem-all [21 Februari 2021].

Harisman, Y., & Amam, A. (2020). Newman’s error analysis terhadap kesalahan mahasiswa pada mata kuliah logika dan himpunan. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 223–229. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3681.

Hourigan, M. & Leavy, A. M. (2020). Using integrated STEM as a stimulus to develop elementary students’ statistical literacy. Teaching Statistics, 4(3), 77–86. Doi: https://doi.org/10.1111/test.12229.

Khairani, M., & Aini, F. Q. (2018). Pembelajran berbasis STEM dalam perkuliahan kalkulus di perguruan tinggi. UJMES: Uninus Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 104-111. https://core.ac.uk/download/pdf/228601223.pdf.

Ehmke, T., Wild, E., & Muller-Kalhoff, T. (2005). Comparing adult mathematical literacy with PISA students: Results of pilot study. Zentralblatt füur Didaktik der Mathematik, 37(3), 159-167. Doi: https://doi.org/10.1007/s11858-005-0005-5.

Kusuma, D. A. (2020). Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169-175. Doi: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Masjaya & Wardono. (2018). Pentingnya kemampuan literasi matematika untuk menumbuhkan kemampuan koneksi matematika dalam meningkatkan SDM. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Negeri Semarang. [Online]. Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20196 [28 Oktober 2020].

Mujib, Mardiyah, & Suherman. (2019). STEM: Pengaruhnya terhadap literasi matematis dan kecerdasan multiple inteligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 66-37. Doi: https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5448.

Mustikaningrum, D., Maryono, D., & Yuana, R. A. (2017). The comparison of the discovery learning and project based learning and their influence to student’s motivation to learn conditional structure programming. IJIE: Indonesian Journal of Informatics Education, 1(1), 39-43. Doi: https://doi.org/10.20961/ijie.v1i1.4166.

Nazir, M. (1988). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

OECD. (2014). PISA 2012 result in focus what 15-year-olds know and what they can do with they know. [Online]. Tersedia: https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf [25 Oktober 2019].

OECD. (2019). PISA 2018 assessment and analytical framework. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-framework-b25efab8-en.htm [25 Oktober 2019]

Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi, N. (2018). Profil kemampuan literasi kuantitatif calon guru matematika. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1). Doi: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2985.

Raja, R., & Nagasubramani, P. C. (2018). Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research. 3, Suppl. 1:S33-S35. Doi:10.21839/jaar.2018.v3iS1.165.

Register, J. T., Pugalenthi, P., & Stephan, M. (2020). Designing for ethical reasoning in mathematics [and STEM] education. Electronic Journal for Research in Science & Mathematics Education, 24(2), 141-157.

Sari, R. H. N., & Wijaya, A. (2017). Mathematical literacy of senior high school students in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1). Doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10649

SEAMEO. (2019). The signing of SEAMEO STEM-ED and SEPS memorandum of agreement. [Online]. Tersedia: https://www.seameo.org/Main_news/1 [ 24 Februari 2021]

Slovacek, S., Miu, V., Soto, K., & Ye, H.. (2019). Supporting STEM in higher education. International Journal of Education and Practice, 7(4), 438-449. doi:10.18488/journal.61.2019.74.438.449

Stewart, J., Redlin, L., & Watson, S. (2012). Precalculus: Mathematics for calculus, Sixth Edition. California: Brooks/Cole, Cengage Learning.

Stewart, J., Redlin, L., Watson, S., & Panman, P. (2011). Discovery project: visualizing a formula. Doi: https://stewartmath.com/dp_fops_samples/dp1.html.

The National Research Council. (2011). Successful K-12 STEM education: identifying effective appoaches in science, technology, engineering, and mathematics. [Online]. Tersedia: https://www.nap.edu/resource/13158/dbasse_071100.pdf. [28 Oktober 2019].

Widjaya, W. (2013). The use of contextual problems to support mathematical reasoning. IndoMS-JME, 4(2), 151-159. Doi: https://doi.org/10.22342/jme.4.2.413.151-159.

Yildirim, B., & Sidekli, S. (2018). STEM application in mathematics education: the effect of STEM apllications on different dependent variables. Journal of Baltic Science Education, 17(2), 200-214. Doi: https://doi.org/10.33225/jbse/18.17.200

Yustitia, V., & Juniarso, T. (2019). Literasi matematika mahasiswa dengan gaya belajar visual. Malih Peddas: Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 100-109. Doi: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5044

Zhaahirah, W. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada materi luas permukaan balok. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 252-258.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4727

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: