Komunikasi Matematis dan Disposisi Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Matematika Diskrit

Tri Nopriana, Muchamad Subali Noto

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan mengukur disposisi berpikir kritis mahasiswa pendidikan matematika melalui pendekatan pembelajaran Student Centered pada mata kuliah Matematika Diskrit.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Unswagati tingkat 2 sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 40 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) tes komunikasi matematis pada pokok bahasan Graf dan Pohon, serta (2) Skala Disposisi Berpikir Kritis dengan 5 kategori skal model Likert. Data dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian didapatkan: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa secara keseluruhan cukup signifikan dengan kategori n-gain sedang. Selain itu, peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa berdasarkan Kemampuan Awal Matematis (KAM) tinggi dan sedang cukup signifikan dengan kategori n-gain sedang, sedangkan untuk kelompok mahasiswa dengan KAM rendah, peningkatan kemamuan komunikasi matematis masih tergolong rendah. (2) Secara keseluruhan disposisi berpikir kritis mahasiswa setelah mendapat pembelajaran dengan pendekatan Student Centered, tergolong baik, dengan rata-rata pencapaian skala disposisi berpikir kritis sebesar 76%. Sejalan dengan itu, pada masing-masing kelompok KAM, pencapaian skala disposisi berpikir kritis mahasiswa masih tergolong baik. Mahasiswa pada kategori KAM tinggi memperoleh pencapaian skala disposisi berpikir kritis sebesar 77%, 76 % pada mahasiswa dengan kategori KAM sedang dan 72% pada mahasiswa dengan kategori KAM rendah. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Disposisi Berpikir Kritis dan Pembelajaran Student Centered.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angraini, L. M. (2013). Pengaruh Concept Attainment Model Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Serta Disposisi Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Pgmi. Bandung: SPs UPI Bandung.

Cottrell. (2005). Critical Thiking Skill. New York: Palgrave Macmillan.

Hendriana. (2009). Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik, Komunikasi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bandung: SPs UPI Bandung.

Jones, L. (2007). The Student Centered Classroom. New York: Cambridge University Press.

Kadir. (2010). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Bandung: SPs UPI Bandung.

Karmilah. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Serta Disposisi Matematis Mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Bandung: SPs UPI Bandung.

Kurni, F. N. (2009). Penerapan Student-Centered Learning dari Teacher-Centered Learning Mata Ajar Ilmu Kesehatan Program Studi Penjaskes. 28 (2).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virgina: Reston.

Ningsih, S. C. (2014). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahsiswa Pendidikan Matematika UPY Melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2016). Analisis Tingkat Berpikir Geometri dan Tingkat Berpikir Logis serta Disposisi Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding SNMPM 2016 Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati. Cirebon: FKIP Unswagati.

Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung: FMIPA UPI Bandung.

U.S Department of Education. (2010). Student Centered Learning. America: American Institute for Reasearch.

Widjayanti, D. B., & Wahyudin. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Konferensi Nasional Matematika 2010. Yogyakarta : Universita Negeri Yogyakarta.

Son, L. (2015). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Gema Wiralodra Vol VII No 1. Indramayu: Universitas Wiralodra.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.534

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: