KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN ANUITAS DAN ASURANSI

Ai Tusi Fatimah

Sari


Kemampuan pemecahan masalah berperan penting dalam penyelesaian masalah anuitas dan asuransi. Kemampuan mahasiswa terhadap pemecahan masalah dapat dilihat dari kemampuan menyelesaikan setiap fase pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemapuan pemecahan masalah mahasiswa pada pokok bahasan anuitas dan asuransi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa program S-1 Pendidikan Matematika Universitas Galuh Ciamis yang mengikuti mata kuliah Aktuaria tahun akademik 2015/2016 sebanyak 102 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tes berbentuk uraian yang terdiri dari empat soal. Hasil tes diukur secara parsial melalui empat fase, yaitu memahami masalah, merancang rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Skor maksimal yang diperoleh mahasiswa untuk masing-masing fase adalah 46.6%, 51.2%, 22.6% dan 20.6% yang merupakan rerata dari empat soal yang diujikan.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Bower, N.L., et al. (1997). Actuarial Mathematics. USA: The Society of Actuaries.

Chi, M. T. H. Problem Solving Ability. [Online]. Diakses dari http://www.public.asu.edu/ ~mtchi/papers/ ChiGlaser10.pdf.

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (Wetboek van Koophandel voor Indonesia).S. 1847-23. [Online]. Diakses dari http://hukum.unsrat.ac.id/uu/kuhd.htm.

Laterell, C. M. (t.t). What Is Problem-solving Ability?. [Online]. Diakses dari http://www.lamath.org/journal/Vol1/What_IS_P_S_Ability.pdf.

Sugiman, Kusumah, Y. S. & Sabandar, Z. Pemecahan Masalah Matematik dalam Matematika Realistik. [Online]. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/ 131930135/2009a_PM_dalam_PMR.pdf.

Smarter Balanced Assesment Consoitium. ( t. t). Smarter Balanced Mathematics General Rubric.[Online]. Diakses dari http://www.ode.state.or.us/wma/teachlearn/testing/ scoring/guides/2011-12/mathpsscoringguide_eng.pdf.

Polya, George. (1988). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second ed.). Princeton , N.J.: Princeton Science Library Printing.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i1.538

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: