ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR NALAR MATEMATIS SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Terhadap Mahasiswa FKIP Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi)
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alamsyah. 2000. Suatu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran analogi matematika. Tesis pada PPS UPI (tidak diterbitkan). Bandung.
Dahlan, J. A. 2004. Meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman matematika siswa sekolah lanjutan tingkat pertama melalui pendekatan pembelajaran open ended. Disertasi Doktor pada PPS UPI (tidak diterbitkan). Bandung.
Hudojo, H. 1990. Pengembangan kurikulum matematika dan pelaksanaannya di depan kelas. Usaha Nasional. Surabaya.
Karli, H. dan S.M. Yuliariatiningsih. 2002. Implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Model-model pembelajaran. Bina Media Informasi. Bandung
Mullis, I.V.S, Martin, M.O., Gonzalez, E.J. and T.A. Smith. 2000. TIMMS 1999. International mathematics report. The International Study Center Bortox College, Lynch School of Education.
Mullis, I.V.S, Martin, M.O., Gonzalez, E.J., Smith, T.A., Garden, R.A., Gregory, K.D., Chrostowki, S.J., dan O’Connor, K.M. 2003. TIMSS. Assessment Frameworks and Specifications 2003. Trend in mathematics and science study. The International Study Center Bortox College, Lynch School of Education.
Mundiri. 2002. Logika. Karya Grafindo Persada. Jakarta.
Nasution, N. 1997. Materi psikologi pendidikan. Depdikbud. Jakarta
Priatna, N. 2002. Kemampuan penalaran induktif dan deduktif serta kaitannya dengan pemahaman matematika siswa kelas 3 SLTP Negeri di Kota Bandung. Disertasi pada PPS UPI Bandung (tidak diterbitkan).
Ruseffendi, E.T. 1994. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Non Eksakta Lainnya. : IKIP Semarang Press. Semarang.
Sudijono, A. 1996. Pengantar evaluasi pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Sudjana.1992. Metoda statistika, edisi ke-5. Tarsito. Bandung
Suherman, E. dan U. Winataputra. 1993. Strategi belajar mengajar matematika. Depdikbud. Jakarta
Suherman, E., dkk. 2001. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. JICA. Bandung
Suriasumantri, J.S. 1996. Filsafat ilmu. Sebuah pengantar populer. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta
Sumarmo, U. 1987. Kemampuan pemahaman dan penalaran matematik siswa SMA dikaitkan dengan kemampuan penalaran logik siswa dan beberapa unsur proses belajar mengajar. Disertasi pada Fakultas Pasca Sarjana IKIP Bandung. (Tidak diterbitkan).
Sumarmo, U. 2000a. “Hand outs proses belajar dan pemahaman materi kuliah.” Disajikan pada Lokakarya Peran Pedagogi dalam Peningkatan Proses Pembelajaran TPB ITB, tanggal 4 Desember 2000.
Sumarmo, U. 2000b. Kecenderungan pembelajaran matematika pada abad 21. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika FPMIPA, UPI Bandung.
Sumarmo, U. 2002a. “Alternatif pembelajaran matematika dalam menerapkan kurikulum berbasis kompetensi.”Makalah disajikan pada Seminar Tingkat Nasional FPMIPA UPI Bandung. (Tidak diterbitkan).
Sumarmo, U. 2002b. “Pembelajaran matematika untuk mendukung pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi.” Makalah disajikan pada pelatihan guru MTs, Agustus 2002 di Bandung.
Sutiarso, S. 2000. Problem posing, strategi efektif meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Tidak diterbitkan. Bandung.
Suzana, Y. 2003. Meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa SMU melalui pembelajaran dengan pendekatan metakogtnitif. Tesis pada PPS UPI Bandung (tidak diterbitkan).
Wahyudin. 1999. Kemampuan guru matematika, calon guru matematika, dan siswa dalam mata pelajaran matematika. Bandung: Disertasi Doktor pada PPS UPI Bandung (tidak diterbitkan).
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.547
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: