STUDI ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI KONSEP-KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA BUDAYA BANTEN
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Affaf, M. (2016). Konstruksi baru untuk tripel pythagoras. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 69–78. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.217
Agarwal, R. P. (2020). Pythagorean theorem before and after pythagoras. Advanced Studies in Contemporary Mathematics, 30(3), 357–389.
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
Anggraheni, D. S., Attamimi, H., & Jumardi. (2020). Perkembangan kerajaan islam di banten pada masa sultan ageng tirtayasa dalam aspek politik dan sosial. Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan, 7(2), 146–159. https://ojs.unm.ac.id/pattingalloang/article/view/13518
Cahyanindya, B. A., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan media puppy berbasis adobe flash cs6 untuk pembelajaran teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 396–405. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.233
Heriawan, A., Soetrisnaadisendjaja, D., & Hidayati, S. (2018). Kajian etnopaedagogi: seba dalam masyarakat baduy. Jurnal Hermeneutika, 4(2), 47–57. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika
Iskandar, J., & Iskandar, B. S. (2017). Kearifan ekologi orang baduy dalam konservasi padi dengan “sistem leuit”. Jurnal Biodjati, 2(1), 38–51. https://doi.org/10.15575/biodjati.v2i1.1289
Khaerunnisa, E., Setiani, Y., & Rafianti, I. (2018). Analisis keteraturan matematis pada budaya banten. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–91. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i2.707
Laksmi, B. W. (2017). Masjid agung banten: perpaduan tiga budaya dalam satu arsitektur. Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia, A365–A368. https://doi.org/10.32315/sem.1.a365
Lestari, H., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa eksploratif berkonteks budaya banten pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 48–59. https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1401
Maftukha, N. (2012). Sejarah visualisasi tenun baduy. International Seminar on Art History and Visual Culture in Southeast Asia, 1–20.
Maftukha, N., Yustiono, Y., & Adriati, I. (2017). Visualisasi tenun baduy. Journal of Visual Art and Design, 9(2), 51–66. https://doi.org/10.5614/j.vad.2017.9.2.1
Megantari, A. A. P., & Setyawan. (2019). Kajian tenun baduy di desa kanekes provinsi banten. Texture: Art & Culture Journal, 2(2), 107–119. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/TXT/article/view/2783
Nadya, A. (2017). Gaya arsitektur masjid kasunyatan, masjid tertua di banten. Seminar Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia, A311–A316. https://doi.org/10.32315/sem.1.a311
Naredi, H., Jumardi, Qodariah, L., & Absor, N. F. (2020). Pembelajaran sejarah berbasis sejarah lokal banten dan kaitannya dengan toleransi beragama (studi kasus: masjid agung banten dan vihara avalokitesvara). Jurnal Candrasangkala, 6(1), 22–33. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/view/8019
Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala desa kaliwadas cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714
Nugroho, G. N., & Riyanto, O. R. (2019). Mathematical critical thinking ability reviewed from self-efficacy in discovery learning. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 25-32. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v8i1.4593
Rahmawati, Y. (2020). Pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika: rumah gadang minangkabau pada materi teorema pythagoras. Jurnal Azimut, Februari, 22–29. http://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/azimut/article/view/636
Saefullah, A. (2018). Masjid kasunyatan banten: tinjauan sejarah dan arsitektur. Jurnal Lektur Keagamaan, 16(1), 127–158. https://doi.org/10.31291/jlk.v16i1.486
Saepudin, A. (2019). Unsur sejarah dalam motif batik kreasi cikadu tanjung lesung pandeglang. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Sardjono, A. B., & Nugroho, S. (2017). Menengok arsitektur permukiman masyarakat badui : arsitektur berkelanjutan dari halaman sendiri. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 19(1), 57–64. https://doi.org/10.15294/jtsp.v19i1.9499
Sitohang, S. R., Elindra, R., & Saleh, A. (2020). Efektivitas penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di smp negeri 9 padangsidimpun. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 110–120. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1813
Susilowati, D., Budiarto, A. S., Rukayah, R. S., & Dewi, P. (2020). Evolusi pada tatanan ruang rumah baduy (studi kasus rumah baduy dalam dan baduy luar). NALARs, 19(2), 131–138. https://doi.org/10.24853/nalars.19.2.131-138
Sutoto. (2017). Dinamika transformasi budaya belajar suku baduy. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 138–148. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i2.8249
Titasari, N., Hendriana, H., & Setiawan, W. (2019). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan motivasi belajar siswa smp dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras menggunakan problem based learning. Journal on Education, 01(03), 550–561. http://jonedu.org
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5472
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: