HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 3 CIPAKU TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Lala Nailah Zamnah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah hubungan antara self-regulated learning siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Cipaku dengan sampel peneltian kelas VIII-A dan VIII-C. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan anket skala self-regulated learning. Analisis data menggunakan analisis korelasi dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self-regulated learning siswa dengan kemampuan pemecahan matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, S. B dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika, Tim. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA UPI.

Pape, S.J, et. al. (2003). Developing in Mathematical Thinking and Self Regulated Learning: Teaching Elementary in Sevent-Grade Mathematics Classroom. Journal Educational Studies in Mathematics. 53,179-202.

Polya, G. (1973). How to Solve It, a New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung:tarsito.

Schunk, D.H., dan Zimmerman, B. J. (1998). Self-Regulated Learning: From Teaching to Self-Reflective Practice. New York: Guilford Press.

Sumarmo, U. 1994. Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru dan Siswa Sekolah Menengah Atas di Kodya Bandung. Laporan Penelitian IKIP Bandung. Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar, Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Laporan Penelitian UPI. Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2000). Pengembangan Model pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian UPI. Tidak diterbitkan.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (berparadigma Eksploratif dan Investigasi). Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran: Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Bandung: Diktat Perkuliahan UPI.

Zimmerman, B. J dan Martinez-Pons, M. (1990). Student Differences in Self Regulated Learning: Relating Grade, Sex, and Giftedness to Self-Efficacy and Strategy Use. Journal of Educational Psychology, 82(1).51-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.549

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: