PENERAPAN DARI MODEL MATEMATIKA PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG (INVENTORY MODEL) PADA SISTEM PRODUKSI DI PD. HANDI MEUBEL CIREBON

Herri Sulaiman, Wahyu Hartono, Jajo Firman Raharjo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengendalian persediaan atau dikenal dengan istilah Economic Order Quantity (jumlah pemesanan ekonomis) dan dapat diterapkan pada sistem produksi di PD Handi Meubel Cirebon. Pengendalian persediaan sangat penting diterapkan oleh suatu perusahaan karena dapat meminimalkan biaya persediaan. PD Handi Meubel telah melakukan perhitungan dengan rumus umum total biaya persediaan. Lebih lanjut, peneliti mencoba memberikan model perhitungan dengan model Economic Order Quantity (EOQ) yang dapat memberikan keputusan tentang jumlah pemesanan. Hasil pengendalian persediaan pada PD Handi Meubel belum ekonomis karena besar biaya pemesanan (annual ordering cost) dan biaya penyimpanan (annual holding cost) tidak relatif sama. Hal ini menyebabkan total persediaan tidak mampu mencapai nilai minimum. Penerapan model EOQ dapat memberikan solusi kepada PD Handi Meubel karena total persediaan dari perusahaan tersebut dapat mencapai nilai minimum. Ketentuan pemesanan diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan persamaan model EOQ yang dikenal dengan istilah Wilson Formula. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini bagi prodi pendidikan matematika yaitu sebagai desain bahan ajar pada materi atau pokok bahasan yang ada di dalam mata kuliah Kalkulus Diferensial yang berbasis pada model pengembangan bahan ajar tertentu sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami konsep-konsep esensial yang ada di dalam mata kuliah tersebut, sehingga kebutuhan belajar mahasiswa dapat terpenuhi dengan baik. Target luaran yang diharapkan terlaksana setelah penelitian ini dilakukan yaitu mempublikasikan hasil penelitian ini melalui publikasi ilmiah, prosiding, dan pengayaan bahan ajar. Dengan demikian diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat secara luas bagi perusahaan dan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dengan sistem wawancara terhadap kepala produksi di PD Handi Meubel Cirebon.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dedi, Endang, Sumiaty,E., Juandi, D., Kusnandi, 2003. Kalkulus 1. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Efendi, B., A., 2009. Pengendalian Persediaan Barang untuk Kebutuhan Permintaan pada PT. Marco Polo Decor (skripsi). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Supranto, Johanes, 2008. Riset Operasi (Untuk Pengambilan Keputusan). Jakarta: UI press M.Sayuti, Analisis Kelayakan Pabrik Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumaningrum, R., D., 2009. Model Pengendalian Persediaan (Inventory Model) pada sistem produksi di CV. Putra Makmur Abadi (skripsi). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Rangkuti, Freddy, 2002. Manajemen Persediaan (Aplikasi di bidang bisnis), cet.5. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Riyanto, Bambang, 1979. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. Yogyakarta: Yayasan Badan Penerbit Gadjah Mada.

Ginting, Rosnani, 2007. Sistem Produksi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Stewart, James, 2001. Kalkulus. Jakarta: Erlangga.

Prawirosentono, Suyadi, 2007. Manajemen Operasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Taha, H.A., 1996. Riset Operasi. Edisi Kelima, jilid 2, Jakarta: Binarupa Aksara.

Varbeg, D. dan Purcell, J., E., 2001. Kalkulus, Edisi Ketujuh, Jilid Satu. Batam: Interaksara.

Winston, Wayne L., 2004. Operations Research (Aplications and Algorithms). Fourth Edition, Indiana: Duxbury Press).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v1i2.552

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: