PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN KOMPUTER MELALUI PROGRAM CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Dian Nopitasari, Wildan Saefuddin

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan berbantuan komputer yaitu program Cabri 3D terhadap kemampuan spasial serta kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes dan postes. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu sekolah swasta di Kota Tangerang. Sampel pada penelitian ini adalah dua buah kelas yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen dan XC sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran berbantuan komputer dengan menggunakan program Cabri 3D, sedangkan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan spasial dan angket kemandirian belajar. Analisis tes kemampuan spasial menggunakan analisis parametrik karena sampel berdistribusi normal dan homogeny sedangkan analisis angket kemandirian belajar menggunakan perhitungan statistik nonparametris, yaitu dengan menggunakan uji-U (Mann Whitney). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, (1) terdapat perbedaan pembelajaran dengan program Cabri 3D terhadap kemampuan spasial siswa pada materi geometri kelas X di Madrasah Aliyah Attaqwa Benda. (2) terdapat perbedaan pembelajaran dengan program Cabri 3D terhadap kemandirian belajar siswa pada materi geometri kelas X di sekolah Madrasah Aliyah Attaqwa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Accascina, G & Rogora, E (2006). Using Cabri 3D Diagrams For Teaching Geometry. Journal Dipartimento di Metodi e Modelli Matematici, Università di Roma.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta: BSNP.

Buchori, A. (2012). Potensi Program Cabri 3d Untuk Mendukung Pembelajaran Geometri Analit di Perguruan Tinggi. Semarang: FPMIPA IKIP PGRI Semarang.

Fu’ad, M. (2013).“Pembelajaran Geometri Berbantuan Wingeom melalui Model Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematis Siswa”. Tesis pada Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan.

Hudojo, H. (2003).Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Narbuko, C. & Achmadi, A. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosyidah. (2010). “Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa MTSN Parung-Bogor”. Skripsi Sarjana Pendidikan Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta : tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya .Bandung : Tarsito.

Syahputra. E. (2011). ”Peningkatan Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan PMRI Pada Pembelajaran Geometri Berbantuan Komputer”. Disertasi Doktor pada Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.574

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: