ANALISIS PROSES LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM

Rani Nurmaya, Ipah Muzdalipah, Yeni Heryani

Sari


Literasi matematis sangat penting dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari, salah satu upaya pemerintah untuk mengukur literasi matematis siswa yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Namun fakta di lapangan, proses literasi matematis siswa dalam mengerjakan soal AKM masih termasuk kategori rendah, salah satunya pada konten data dan ketidakpastian. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui proses literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal model Asesmen Kompetensi Minimum pada konten data dan ketidakpastian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksplorasi. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dan wawancara dengan instrumen tes sebanyak satu soal. Subjek dari penelitian ini dari kelas X MIPA-2 di SMAN 1 Cihaurbeuti sebanyak empat orang diambil dari masing-masing kategori tingkat kompetensi perlu intervensi khusus, dasar, cakap dan mahir. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan memberikan tes, kemudian subjek terpilih diwawancara untuk mengetahui lebih mendalam mengenai proses literasi matematis dan hasilnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses literasi matematis pada subjek kategori tingkat kompetensi “perlu intervensi khusus” terhambat pada ketiga proses literasi matematis yaitu pemahaman, penerapan dan penalaran. Proses literasi matematis pada kategori tingkat kompetensi “dasar” menyelesaikan soal proses pemahaman dan memenuhi seluruh indikator, sedangkan subjek terhambat pada soal penerapan dan penalaran. Proses literasi matematis pada kategori tingkat kompetensi “cakap” menyelesaikan soal pada proses pemahaman dan penerapan melewati seluruh indikator dengan baik, sedangkan subjek terhambat pada proses penalaran. Proses literasi matematis pada kategori tingkat kompetensi “mahir” mampu menyelesaikan soal proses pemahaman, penerapan dan penalaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(4), 1063-1073. Diakses dari: https://journal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225

Hayati, T. R., & Kamid. (2019). Analysis of mathematical literacy processes in high school students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research 2 (3), 116-199. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i3.70

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil pisa (the programme for international student assesment): upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(1) (2020), 30-41. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018

Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan pisa konten change and relationship. Universitas Jember. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i3.10918

Matteson, S. M. (2006). Mathematical literacy and standardized mathematical assessments. Reading Psychology, 27:2-3, 205-233, http://dx.doi.org/10.1080/02702710600642491

Munaji & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil kemampuan matematika siswa smp di kota cirebon berdasarkan standar timss. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 249-262. Diakses dari: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3732. [30 September 2020]

Muzdalipah, I., Rustina, R., Fatmawati, H., & Yulianto, E. (2021). Analisis literasi matematis peserta didik berdasarkan dominasi otak. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(2), 222–233. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i2.6054. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/6054/4447.

Ningsih, R. P. (2021). Efektivitas pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan representasi matematis siswa. Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education 4 (1),1-11. https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i1.466

OECD. (2019). Learning mathematics for life a view persprective from pisa. OECD Publishing. Diakses dari: www.oecd.org/publishing

OECD. (2019). PISA 2018 results combined executive summaries volume i, ii & iii. OECD Publishing

OECD. (2019). “PISA 2018 mathematics framework”, in pisa 2018 assessment and analytical. Framework. Paris: OECD Publishing

OECD. (2019). “What is pisa?”, in pisa 2018 assessment and analytical framework. Paris: OECD Publishing

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Asesmen nasional lembar tanya jawab. Diakses dari: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. Diakses dari: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Desain pengembangan soal akm. Diakses dari: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/

Putra, Y. Y., & Vebrian, R. (2019). Literasi matematika (mathematical literacy) soal matematika model pisa menggunakan konteks bangka belitung. Sleman: CV Budi Utama.

R. Noss., & C. Holyes.(2013). “Modeling to address techo-mathematical literacies in work”, In Lesh, R., Galbraith, P.L., Haines, C.R., & Hurford, A (Eds), Modeling Students’ Mathematical Modeling Competencies (pp. 75-85). New York: Springer.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana?. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2015, Universitas Negeri Yogyakarta

Sherly, Dharma. E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: Kajian Literatur. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, 183-190

Solomon, Y. (2009). Mathematical literacy developing identities of inclusion. New York: Routledge

Stecey, K., & Tuner, R. (2015). Assessing mathematical literacy: The PISA experience, Australia: Springer.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan literasi dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas ix a. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 3, 626-633.

Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 105-116. Diakses dari: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3206. [30 Maret 2020].




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6378

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: