ANALISIS PROSES LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(4), 1063-1073. Diakses dari: https://journal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225
Hayati, T. R., & Kamid. (2019). Analysis of mathematical literacy processes in high school students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research 2 (3), 116-199. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i3.70
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil pisa (the programme for international student assesment): upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(1) (2020), 30-41. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018
Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan pisa konten change and relationship. Universitas Jember. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i3.10918
Matteson, S. M. (2006). Mathematical literacy and standardized mathematical assessments. Reading Psychology, 27:2-3, 205-233, http://dx.doi.org/10.1080/02702710600642491
Munaji & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil kemampuan matematika siswa smp di kota cirebon berdasarkan standar timss. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 249-262. Diakses dari: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3732. [30 September 2020]
Muzdalipah, I., Rustina, R., Fatmawati, H., & Yulianto, E. (2021). Analisis literasi matematis peserta didik berdasarkan dominasi otak. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(2), 222–233. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i2.6054. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/6054/4447.
Ningsih, R. P. (2021). Efektivitas pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan representasi matematis siswa. Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education 4 (1),1-11. https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i1.466
OECD. (2019). Learning mathematics for life a view persprective from pisa. OECD Publishing. Diakses dari: www.oecd.org/publishing
OECD. (2019). PISA 2018 results combined executive summaries volume i, ii & iii. OECD Publishing
OECD. (2019). “PISA 2018 mathematics framework”, in pisa 2018 assessment and analytical. Framework. Paris: OECD Publishing
OECD. (2019). “What is pisa?”, in pisa 2018 assessment and analytical framework. Paris: OECD Publishing
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Asesmen nasional lembar tanya jawab. Diakses dari: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. Diakses dari: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Desain pengembangan soal akm. Diakses dari: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/
Putra, Y. Y., & Vebrian, R. (2019). Literasi matematika (mathematical literacy) soal matematika model pisa menggunakan konteks bangka belitung. Sleman: CV Budi Utama.
R. Noss., & C. Holyes.(2013). “Modeling to address techo-mathematical literacies in work”, In Lesh, R., Galbraith, P.L., Haines, C.R., & Hurford, A (Eds), Modeling Students’ Mathematical Modeling Competencies (pp. 75-85). New York: Springer.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana?. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2015, Universitas Negeri Yogyakarta
Sherly, Dharma. E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: Kajian Literatur. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, 183-190
Solomon, Y. (2009). Mathematical literacy developing identities of inclusion. New York: Routledge
Stecey, K., & Tuner, R. (2015). Assessing mathematical literacy: The PISA experience, Australia: Springer.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta
Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan literasi dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas ix a. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 3, 626-633.
Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 105-116. Diakses dari: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3206. [30 Maret 2020].
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6378
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: