KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DENGAN PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA BERBATUAN KOMIK PEMBELAJARAN

Nadiah Setiyowati, Elika Kurniadi, Vina Amalia Suganda, Bunda Harini

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banyuasin III. Yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan permasalahan menggunakan pembelajaran pemodelan matematika berbantuan komik pembelajaran pada materi koordinat kartesius. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berupa komik pembelajaran mengenai materi koordinat kartesius berdasarkan tahapan pemodelan matematika yang sejalan dengan tahapan pada pemecahan masalah. Siswa mengerjakan LKPD secara kelompok sehingga siswa dapat berdiskusi dan memecahkan permasalahan yang diberikan. Dalam upaya Teknik pengumpulan data menggunakan hasil Post-test yang dikerjakan oleh siswa dan berdasarkan hasil wawancara dengan siswa. Setelah dilakukan pengolahan data secara deskriptif kualitatif diperoleh hasil bahwasanya kemampuan pemecahan masalah siswa masih terdapat siswa yang masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada beberapa indikator.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan higher order thingking skills (hots) siswa materi ipa di sekolah dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170–175.

Widodo, S. A., Turmudi, T., Afgani Dahlan, J., Istiqomah, I., & Saputro, H. (2018). Mathematical comic media for problem solving skills. Proceedings of the Joint Workshop KO2PI and The 1st International Conference on Advance & Scientific Innovation. Joint Workshop KO2PI and The 1st International Conference on Advance & Scientific Innovation, Medan, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.23-4-2018.2277592

Anastasya, Y., & Darmawijoyo, D. (2019). Pengembangan lkpd berbasis pembelajaran pemodelan matematika menggunakan konteks transportasi materi pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa kelas vii. Thesis, tidak dipublikasikan. Sriwijaya University, Palembang.

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran matematika menggunakan strategi abduktif-deduktif di sma negeri 1 indralaya utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25-34.

Blum, W. (2020). Workshop on mathematical modelling for indonesian mathematics teachers. University of Kassel.

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan media komik dengan model problem posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185–196. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Hartono, J. A., & Karnasih, I. (2017). Pentingnya Pemodelan Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA).

Hartono, Y. (2020). Mathematical modelling in problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1480, 012001. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012001

Kemendikbud, R. I. (2015). Implementasi kurikulum 2013.

Kurniawati, I., & Haris Rosyidi, A. (2019). Profil pemodelan matematika siswa smp dalam menyelesaikan masalah pada materi fungsi linear. MATHEdunesa, 8(2).

NCTM. (2000). Principles and standards—national council of teachers of mathematics. https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/

Panjaitan, M., & Rajagukguk, S. R. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas X SMA. INSPIRATIF: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Puspitarini, A. H. (2019). Diagnosis kesulitan belajar dan upaya remediasi bagi siswa kelas viii c smp bopkri 3 yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 pada materi koordinat kartesius. Skripsi. Sanata Dharma University, Yogyakarta.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic literature review: media komik dalam pembelajaran matematika. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202.

Rahmawati, D., Darmawijoyo, D., & Hapizah, H. (2018). Desain pembelajaran materi fungsi linier menggunakan pemodelan matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 65–79.

Setiawan, E., Muhammad, G. M., & Soeleman, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61–72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.735

Subekti, F. E., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Kemampuan representasi visual siswa dalam memecahkan masalah sistem koordinat kartesius. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 217–222.

Syaharuddin, S. (2016). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika dalam hubungannya dengan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar siswa kelas viii smpn 4 binamu kabupaten jeneponto. Thesis. Universitas Negeri Makasar, Sulawesi.

Wulandari, W., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). Pengaruh pendekatan pemodelan matematika terhadap kemampuan argumentasi siswa kelas VIII smp negeri 15 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(1), 114–126.

Yenny Silviana, D., & Simarmata, R. H. (2021). Learning mathematical modeling: the 7th grade-students skills in solving inverse proportion visual-formed problem. Atlantis press.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.6801

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: