PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII SMP

Aulia Intan Puspitasari, Karunia Eka Lestari

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pada materi Sistem Koordinat untuk siswa kelas VIII SMP. Kerangka teori penelitian ini didasarkan pada menurunnya minat siswa dalam pembelajaran matematika akibat dampak negatif dari pandemi Covid-19. Hasil wawancara mengenai respon siswa terhadap proses pembelajaran saat ini menunjukkan bahwa siswa membutuhkan model pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa tidak jenuh saat belajar di kelas. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran yang membangkitkan kembali minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tiga fase pertama model ADDIE (analisys, design, development, implementation, and evaluation). Dengan demikian, kajian yang diuraikan pada artikel ini sampai pada tahap pengembangan (development). Adapun tahap implementation dan evaluation menjadi penelitian lanjutan yang merupakan kajian terpisah dari artikel ini. Secara keseluruhan, artikel ini memberikan deskripsi singkat mengenai bagaimana mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan video, terutama di masa pandemi Covid-19 yang sedang terjadi pada saat ini.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas viii. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. Forum Paedagogik, Jurnal IAIN Padang Sidimpuan, 06(01), 72–89. Diakses melalui http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/166

Ansharullah., & Ristiliana. (2012). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap aktivitas siswa. Kutubkhanah : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 15(1), 38–48. Diakses melalui http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/247

Astaman., Kadir, S., & Masdul, M. R. (2018). Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains, 1, 3. https://doi.org/10.31934/jom.v1i1.437

Branch, R. M. (2009). Instructional design: the ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Daryono, R. W., Rochmadi, S., & Hidayat, N. (2021). Development and validation of video-based learning media to increase competency achievement in civil engineering education. Journal of Physics: Conference Series, 1833(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1833/1/012022

Diana, D. U. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media video pembelajaran berbasis powerpoint di SMK Negeri 2 Situbondo. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.503

Efendi, A. Y. (2021). Pengembangan bahan ajar video animasi berbasis pendidikan karakter pada materi sistem persamaan linier. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157

Handayani, F., Mustangin., & Khairunnisa, G. F. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sistem koordinat siswa kelas viii SMP ditinjau dari self confidence dan gender. JP3, 16(11), 1–6. Diakses melalui http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10739

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic Covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813

Indriani, E. (2020). Efektivitas Penggunaan media Kinemaster terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas vii SMP swasta Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Skripsi, Universitas Negeri Medan. 1–13.

Khaira, H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, (39–44). Diakses melalui http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41218

Kurt, S. (2019). An introduction to the addie model: Instructional design: The Addie approach. Independently Published.

Mu’minah, I. H. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring IPA pada masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian, (1197–1211). Diakses melalui http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/172

Muntiani, T., Karim, M. B., & Nazarullail, F. (2021). The development of animation video-based learning media for introducing discipline to children aged 4-5 years. Child Education Journal, 3(3), 162–168. https://doi.org/10.33086/cej.v3i3.2436

Mustakim. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran matematika. Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Nadeak, B., & Naibaho, L. (2020). Video-based learning on improving students’ learning output. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(2), 44–54. Diakses melalui http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2969

Nurjanah., Sobari., Supriatna, A., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika dalam khazanah islam berbasis kontekstual. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 181–192. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.7051

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Physics: Conference Series, 3(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Nurwulan, N., Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2020). Improving learning outcomes of 2nd grade students through video-based learning media. International Journal of Elementary Education, 4(3), 406. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28686

Pal, D., & Patra, S. (2020). University students’ perception of video-based learning in times of Covid-19 : A TAM / TTF Perspective. International Journal of Human–Computer Interaction, 37(10), 1–19. https://doi.org/10.1080/10447318.2020.1848164

Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis literasi pada materi bilangan bagi mahasiswa calon guru SD. Jurnal Pembedaya Sekolah Dasar, 3(2), 228–240. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2142

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. Diakses melalui http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194

Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2018). Developing powtoon-based video learning media for five grade students of elementary school. 2nd International Conference of Communication Science Research (ICCSR), 165, 173–177. https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.37

Sakinah, N., & Hendriana, B. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-comic pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 225-234. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6922

Siagian, M. D. (2012). Model pembelajaran kooperatif tipe circ dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67. Diakses melalui https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/648

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran matematika materi perkalian dengan menggunakan media benda konkret (manik –manik dan sedotan) untuk meningkatkan hasil belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 10(2), 22–23. Diakses melalui http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/166

Yogha, S., Rahmawati, Y., & Maosul, A. (2021). Designing a learning media based on video animation for patisserie learning designing a learning media based on video animation for patisserie learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/4/042096

Yousef, A. M. F., Chatti, M. A., & Schroeder, U. (2014). The state of video-based learning: a review and future perspectives. International Journal on Advances in Life Sciences, 6(3–4), 122–135. Diakses melalui https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.680.9203&rep=rep1&type=pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7170

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: