PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII SMP
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas viii. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425
Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. Forum Paedagogik, Jurnal IAIN Padang Sidimpuan, 06(01), 72–89. Diakses melalui http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/166
Ansharullah., & Ristiliana. (2012). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap aktivitas siswa. Kutubkhanah : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 15(1), 38–48. Diakses melalui http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/247
Astaman., Kadir, S., & Masdul, M. R. (2018). Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains, 1, 3. https://doi.org/10.31934/jom.v1i1.437
Branch, R. M. (2009). Instructional design: the ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Daryono, R. W., Rochmadi, S., & Hidayat, N. (2021). Development and validation of video-based learning media to increase competency achievement in civil engineering education. Journal of Physics: Conference Series, 1833(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1833/1/012022
Diana, D. U. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media video pembelajaran berbasis powerpoint di SMK Negeri 2 Situbondo. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.503
Efendi, A. Y. (2021). Pengembangan bahan ajar video animasi berbasis pendidikan karakter pada materi sistem persamaan linier. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Fadhli, M. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157
Handayani, F., Mustangin., & Khairunnisa, G. F. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sistem koordinat siswa kelas viii SMP ditinjau dari self confidence dan gender. JP3, 16(11), 1–6. Diakses melalui http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10739
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic Covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Indriani, E. (2020). Efektivitas Penggunaan media Kinemaster terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas vii SMP swasta Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Skripsi, Universitas Negeri Medan. 1–13.
Khaira, H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, (39–44). Diakses melalui http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41218
Kurt, S. (2019). An introduction to the addie model: Instructional design: The Addie approach. Independently Published.
Mu’minah, I. H. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring IPA pada masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian, (1197–1211). Diakses melalui http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/172
Muntiani, T., Karim, M. B., & Nazarullail, F. (2021). The development of animation video-based learning media for introducing discipline to children aged 4-5 years. Child Education Journal, 3(3), 162–168. https://doi.org/10.33086/cej.v3i3.2436
Mustakim. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran matematika. Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nadeak, B., & Naibaho, L. (2020). Video-based learning on improving students’ learning output. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(2), 44–54. Diakses melalui http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2969
Nurjanah., Sobari., Supriatna, A., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika dalam khazanah islam berbasis kontekstual. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 181–192. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.7051
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Physics: Conference Series, 3(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Nurwulan, N., Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2020). Improving learning outcomes of 2nd grade students through video-based learning media. International Journal of Elementary Education, 4(3), 406. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28686
Pal, D., & Patra, S. (2020). University students’ perception of video-based learning in times of Covid-19 : A TAM / TTF Perspective. International Journal of Human–Computer Interaction, 37(10), 1–19. https://doi.org/10.1080/10447318.2020.1848164
Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis literasi pada materi bilangan bagi mahasiswa calon guru SD. Jurnal Pembedaya Sekolah Dasar, 3(2), 228–240. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2142
Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. Diakses melalui http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194
Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2018). Developing powtoon-based video learning media for five grade students of elementary school. 2nd International Conference of Communication Science Research (ICCSR), 165, 173–177. https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.37
Sakinah, N., & Hendriana, B. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-comic pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 225-234. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6922
Siagian, M. D. (2012). Model pembelajaran kooperatif tipe circ dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67. Diakses melalui https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/648
Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran matematika materi perkalian dengan menggunakan media benda konkret (manik –manik dan sedotan) untuk meningkatkan hasil belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 10(2), 22–23. Diakses melalui http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/166
Yogha, S., Rahmawati, Y., & Maosul, A. (2021). Designing a learning media based on video animation for patisserie learning designing a learning media based on video animation for patisserie learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/4/042096
Yousef, A. M. F., Chatti, M. A., & Schroeder, U. (2014). The state of video-based learning: a review and future perspectives. International Journal on Advances in Life Sciences, 6(3–4), 122–135. Diakses melalui https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.680.9203&rep=rep1&type=pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7170
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: