IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII

Intan Purnaningsih, Rafiq Zulkarnaen

Sari


Kemampuan berpikir kritis melibatkan pengetahuan, penalaran, serta pembuktian dalam membuat suatu kesimpulan untuk menyelesaikan masalah matematis. Namun demikian, beberapa penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII. Studi kasus digunakan dalam penelitian ini, dengan kasus dan analisis tunggal. Kasus dalam penelitian ini adalah lemahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan analisis tunggal digunakan untuk mengkaji faktor-faktor penyebabnya. Sebanyak 19 siswa kelas VIII di satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang digunakan sebagai subjek penelitian ini. Instrumen tes dan non-tes digunakan dalam penelitian ini, satu soal uraian terkait materi SPLDV serta wawancara tidak-terstruktur digunakan sebagai pelengkap dalam pengumpulan data. Hasil jawaban siswa dikelompokkan sesuai dengan pola jawaban yang sejenis dan dianalisis lebih mendalam untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam memahami soal, membuat model matematis, dan ketidaktelitian dalam menerapkan prosedur matematika menjadi penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam menganalisis, menginterpretasi, dan membuat simpulan atas jawaban atau proses penyelesaian soal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agoestanto, A., Rochmad, & Ambar, M. A. T. (2015). Analysis of transformational capabilities for junior high school students based on critical thinking ability. Proceding International Conference on Mathematics Science and Education, 2015(Icmse), 11–17. https://icmseunnes.com/2015/wp-content/uploads/2016/03/8_ME.pdf

Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, & Rochmad. (2020). Analysis of mathematics modeling student ability in algebraic critical thinking and form of the scaffolding. 443(Iset 2019), 210–216. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.041

Cahya, N., Lubis, P., & Lubis, A. (2020). Analysis of students ’mathematic critical thinking ability through application of problem based learning models in Mts Hifzhil Qur’an Medan. Journal of Education and Practice, 11(36), 19–23. https://doi.org/10.7176/jep/11-36-02

Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative and mixed methods approache (4th ed.). Terjemahan oleh Achmad Fawaid (2016). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Farida, I., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan berpikir aljabar siswa SMP pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1123–1136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136

Hidayanti, D., As’ari, A. R., & C, T. D. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas ix pada materi kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, 2502–6526(Knpmp I), 276–285. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6967

Hutauruk, L. (2018). Kemampuan penalaran matematika siswa pada materi spldv dengan menggunakan budaya khas Palembang yang berbasiskan taksonomi Solo superitem siswa kelas ix. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang, 466–473. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1915

Kartono, Mulyono, & Waluya, S. B. (2019). Analysis of mathematical critical thinking ability of students based on diagnostic assessment. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032084

Kuswardi, Y., Usodo, B., Sutopo, S., Chrisnawati, H. E., & Nurhasanah, F. (2020). Advanced mathematic thinking ability based on the level of student’s self-trust in learning mathematic discrete. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 10(2), 12. https://doi.org/10.20961/jmme.v10i2.47080

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Maarif, S., Setiarini, R. N., & Nurafni, N. (2020). Hambatan epistimologis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 72–89. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.15234

Marzuki, Wahyudin, Cahya, E., & Juandi, D. (2021). Students’ critical thinking skills in solving mathematical problems; a systematic procedure of grounded theory study. International Journal of Instruction, 14(4), 529–548. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14431a

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis kesulitan siswa MTs Kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

Ndahawali, H. O., Hariyani, S., & Farida, N. (2020). Analysis of students’ critical thinking skills in solving mathematics problems on Pythagoras. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(2), 1–7. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i2.19

Normaya, K. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model jucama di sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490

Pandiangan, L. V., & Zulkarnaen, R. (2021). Keterkaitan pemodelan matematis dalam penyelesaian soal cerita. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 559–570. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.559-570

Permendiknas No 22 tahun 2006. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Paujiah, S. R., & Zanthy, L. S. (2020). Kesulitan siswa SMP kelas viii dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 281. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3256

Peter, E. E. (2012). Critical thinking: essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3), 39–43. https://doi.org/10.5897/ajmcsr11.161

Pradini, W., & Winarsih, W. (2020). Analysis of junior high school students difficulty in solving linear equation in two variables word problem. AIP Conference Proceedings, 2215(April). https://doi.org/10.1063/5.0000550

Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 17–26. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10165

Putri, S. A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari tingkat kecemasan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Sari, P. P., & Lestari, D. A. (2020). Soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 286–293. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1

Sianipar, S. G. E. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel menggunakan fase Newman. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 478–486. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p478-486.

Syadiah, S., Yulianti, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa SMP kelas viii dalam menyelesaikan soal segitiga dan segi empat. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 263. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3070

Syam, A. S. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 939–946. https://doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.883

Utami, A. J. L., & Zukarnaen, R. (2019). Analisis kesalahan siswa kelas xi dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Prosiding Sesiomadika, 2(1b), 448–458. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2755

Widyastuti, P. D., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2017). The analysis of student s ’ difficulties in solving systems of linear equations in two variables. 4 Th ICRIEMS Proceedings, 243–248.

Wijayanti, D. D., & Suparman. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas x SMK Diponegoro Depok Yogyakarta Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Integrasi Budaya, Psikologi, dan Teknologi dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika dan Pembelajarannya”., 416–420. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/312

Yustika, Y., & Yarman, Y. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas viii SMP Negeri 13 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Edukasi Dan Penelitian …, 8, 116–121. http://repository.unp.ac.id/23973/

Zulkarnaen, R. (2018a). Implementasi interpretation-construction design model terhadap kemampuan pemodelan matematis siswa SMA. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP), 24–32.

Zulkarnaen, R. (2018b). Why is mathematical modeling so difficult for students? AIP Conference Proceedings, 2021(October 2018). https://doi.org/10.1063/1.5062790

Zulkarnaen, R. (2020). Konsepsi siswa dalam proses pemodelan matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 178–187. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3638




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7185

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: