ANALISIS KEBUTUHAN LKPD INTERAKTIF PADA MATERI ALJABAR SMP SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Shofa Raini Fadilah, Kiki Nia Sania Effendi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang diharapkan dapat membantu selama proses pembelajaran daring pada materi aljabar. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas IX di salah satu SMP di kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengacu pada model Miles dan Huberman. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan yang diberikan kepada peserta didik serta wawancara pada salah satu guru matematika di sekolah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) aljabar merupakan materi yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik; (2) perlu adanya media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan; (3) peserta didik membutuhkan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika; (4) Live Worksheet bisa menjadi salah satu alternatif multimedia interaktif dalam kegiatan belajar matematika selama pembelajaran daring pada materi aljabar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dibutuhkan multimedia interaktif berbasis Live Worksheets yang diharapkan dapat membantu guru dan peserta didik selama proses pembelajaran daring pada materi aljabar kelas IX SMP.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alsaeed, M. S. (2017). Using the internet in teaching algebra to middle school students: a study ofteacher perspectives and attitudes. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 10(2),

–136.

Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS berbasis saintifik berbantuan live worksheets untuk memahamkan konsep matematis pada aritmetika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan

Matematika, 5(3), 2911–2922.

Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris

Matematika, 8(1), 1–13.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I., & Hartini, S. (2020). Penerapan model problem based learning berbantuan lkpd live worksheet untuk meningkatkan keaktifan mental siswa pada pembelajaran tematik kelas va sd negeri nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 122–130.

Anikina, O. V, & Yakimenko, E. V. (2015). Edutainment as a modern technology of education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 166, 475–479.

Annisa, D. (2021). Situasi terkini perkembangan coronavirus disease (covid-19) 5 November 2021. Media Informasi Resmi Terkini Penyakit Infeksi Emerging. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangancoronavirus-disease-covid-19-5-november-2021

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media pembelajaran interaktif menggunakan powerpoint vba pada penyajian data berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31.

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Asmuni. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4),

–288.

Biro Pers Media & Informasi Sekretariat, P. (2021). PPKM skala mikro lebih efektif tekan kasus aktif

covid-19. https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/ppkm-skala-mikro-lebih-efektiftekan-kasusaktif-COVID-19/

Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating learning mathematics through the use of instructional media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 677–688.

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17–26.

Doni, D. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android pada materi dimensi tiga kelas X SMA. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Effendi, K. N. S. (2016). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhaadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance,

Interest, Assessment, dan Satisfaction). Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2), 1–18.

Effendi, K. N. S., & Aini, I. N. (2018). Pelatihan penyusunan lembar kerja siswa (LKS) bagi guru matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 45–52.

Fadli, A., Suharno, S., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis role play game education untuk pembelajaran matematika. Prosiding Seminar

Nasional Teknologi Pendidikan.

Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan minat belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik pada pembelajaran berbasis daring. Mathema:

Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117–126.

Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1).

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 281–294.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi web live worksheet berbasis problem based learning dalam pembelajaran. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.

Laksono, D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP di kabupaten Karawang pada materi bangun datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika

Inovatif), 4(3), 507–516.

Liberna, H. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penggunaan metode improve pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Formatif, 2(3), 190–

Malinda, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis autoplay media studio 8 SMA kelas X.

Mayes, R., Natividad, G., & Spector, J. M. (2015). Challenges for educational technologists in the 21st century. Education Sciences, 5(3), 221–237.

Murwaningsih, U., Astutiningtyas, E. L., & Rahayu, N. T. (2014). Implementasi pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik di sekolah menengah pertama. Cakrawala

Pendidikan, 33(3).

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Astutik, F. (2021). Live worksheets matematika: dalam perspektif siswa menurut model motivasi ARCS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 6, 266–273.

Nurfauziah, P., Fauzy, A., & Fitriani, N. (2021). Desain lembar kerja siswa materi bangun ruang sisi datar dengan model matematika knisley berbantuan geometryx. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 1–11.

Nurhayati, F. E., & Purwanto, S. E. (2021). Analysis of the Mathematics Learning Motivation of Class XI IPA Students during the Covid-19 Pandemic. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika,

(01), 93–98.

Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (tmt) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah

Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406.

Prambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. H. (2020). Pengembangan media bus race algebra pada materi bentuk aljabar untuk siswa kelas vii SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,

(1), 8–22.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan e-lkpd interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas iv Sekolah Dasar.

Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.

Sahrudin, A., & Trisnawati, T. (2018). Pengembangan metode problem based learning melalui permainan engklek untuk meningkatkan thinking math peserta didik MA Global School. SJME

(Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 32–43.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kebutuhan multimedia interaktif berbasis powerpoint materi aljabar pada pembelajaran matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian

Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48.

Salam, A. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis web interaktif (blog) untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website (studi pada siswa kelas X tata niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal

Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2).

Sari, A. W. (2017). Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan koneksi matematika siswa kelas viii SMP Muhammadiyah 2 Kartasura Tahun Ajaran 2016/2017.

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiarti, L. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&b. Alfabeta.

Sukmadinata Nana, S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan e-lkpd berbasis problem based learning pada muatan pelajaran matematika pada website liveworksheets di Sekolah

Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi pembelajaran daring untuk meningatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Metalingua, 5(1), 31–34.

Umaro, I. (2021). Problematika pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi peserta didik di SMP Negeri 23 Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Wahyuni, C., & Amini, R. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan live worksheets berbasis problem based learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas v

SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 4055–4065.

Warsitasari, W. D. (2015). Berpikir aljabar dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Apotema, 1(1), 1–17.

Wibowo, E. J. (2013). Media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika Dan Komputer, 2(1), 75–78.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.7208

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: