KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Meida Rahma Alkariim, Indrie Noor Aini

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di SMP Negeri 2 Karawang Barat tahun ajaran 2021/2022 . 44 siswa dipilih sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes dengan teknik pengumpulan data berupa tes yang berisi 3 soal uraian yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.  Soal tes tersebut memuat indikator fluency (kelancaran) dan flexibility (keluwesan). Hal tersebut bertujuan agar siswa terbiasa menemukan beberapa jawaban alternatif dengan logis dan relevan berdasarkan permasalahan yang diberikan sebelum dapat mengembangkan solusi yang lebih kompleks lagi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengambilan data dilakukan setelah siswa mempelajari materi relasi dan fungsi. Kemudian diolah dan dikelompokkan berdasarkan tingkatan kemampuan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi di SMP Negeri 2 Karawang Barat termasuk ke dalam golongan cukup kreatif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abramovich, S., Grinshpan, A. Z., & Milligan, D. L. (2019). Teaching mathematics through concept motivation and action learning. Education Research International, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/3745406

Andiyana, M. A., Rippi, M., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 239–248. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784

Chin, K. E., & Fu, S. H. (2021). Exploring the implementation of an intervention for a pupil with mathematical learning difficulties: a case study. Journal on Mathematics Education, 12(3), 531–546. https://doi.org/10.22342/jme.12.3.14473.531-546

Dariman, K. (2019). Students’ creative thinking with 4’r applications in procedure text project based learning. International Journal For Educational and Vocational Studies, 1(1), 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i1.1375

Darwanto. (2019). Kemampuan berpikir kreatif matematis (pengertian dan indikatornya). Jurnal Eksponen, 9(2), 20–26. https://media.neliti.com/media/publications/338969-kemampuan-berpikir-kreatif-matematis-pen-7c99dfe1.pdf

Ginting, E. B., Purwnto, S. E., & Faradillah, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Gammath, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32528/gammath.v4i1.1567

Hakim, D. L. (2017). Penerapan permainan saldermath algebra dalam pelajaran matematika siswa kelas vii smp di karawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1476

Herawati, N., Dafik, & Tirta, I. M. (2018). Analysis of student creative thinking skills in solving problem pattern numbers with partition techniques based on metacognition skills. International Journal Of Research Science & Management, 5(4), 7–17. https://doi.org/10.5281/zenodo.1215950

Kozlowski, J. S., Chamberlin, S. A., & Mann, E. (2019). Factors that influence mathematical creativity. The Mathematics Enthusiast, 16(1). https://doi.org/https://doi.org/10.54870/1551-3440.1471

Laksono, D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp negeri di kabupaten karawang pada materi bangun datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 507–516. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25p

Li, Y., & Schoenfeld, A. H. (2019). Problematizing teaching and learning mathematics as “given” in STEM education. International Journal of STEM Education, 6(44). https://doi.org/10.1186/s40594-019-0197-9

Maharani, H. R., Sukestiyarno, & Waluya, B. (2017). Creative thinking process based on wallas model in solving mathematics problem. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(2), 177. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i2.5783

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: a sourcebook of new methods. In R. Holland (Ed.), Sage.

Mustakim, & Salman. (2019). Character building based on local culture (case study on state seniour haigh school 4 enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 22–30. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.133

Nurazhaar, H. I., Lukman, H. S., & Setiani, A. (2021). Analisis tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 50–59. https://doi.org/https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.937

Purnomo, B. H. (2011). Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (classroom action research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 251–256. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/859/673

Qadri, L., Ikhsan, M., & Yusrizal. (2019). Mathematical creative thinking ability for students through react strategies. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 58. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i1.1483

Rahmawati, I. (2016). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ramadhani, S. A. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika melalui penerapan model reciprocal teaching pada siswa kelas viii a smp negeri 5 pallangga. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Runisah, Herman, T., & Dahlan, J. A. (2016). The enhancement of students’ critical thinking skills in mathematics through the 5e learning cycle with metacognitive technique. International Journal of Education and Research, 4(7), 347–360. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.23

Sa’dijah, C., Rafiah, H., Gipayana, M., Qohar, A., & Anwar, L. (2016). Asesmen pemecahan masalah open-ended untuk mengukur profil berpikir kreatif matematis siswa berdasar gender. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), 147–159. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i22016p147

Suripah, & Retnawati, H. (2019). Investigating students’ mathematical creative thinking skill based on academic level and gender. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 227–231. http://www.ijstr.org

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas iii sd negeri sidorejo lor 01 salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Wahyudi, Waluya, S. B., Rochmad, & Suyitno, H. (2019). Mathematical creative thinking ability and scaffolding process according with learning styles for pre-service teachers. Anatolian Journal of Education, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.29333/aje.2018.314a

Werdiningsih, C. E. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VII SMP Bekasi. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 5, 399–404. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/606

Widiastuti, Y., & Putri, R. I. I. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan open-ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5961.13-22

Widodo, S., Turmudi, & Rosjanuardi, R. (2021). Autonomy and creative thinking skills of prospective elementary school teacher students in learning mathematics with science phenomena assisted by the learning management system. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(8), 160–175. https://doi.org/10.26803/IJLTER.20.8.10

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.7215

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: