EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MONUMEN DAN MUSEUM PETA DI KOTA BOGOR

Novanti Mufidatunnisa, Nita Hidayati

Sari


Matematika adalah ilmu yang mempelajari bentuk, besaran, dan konsep yang saling berhubungan serta dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebudayaan merupakan satu kesatuan yang utuh yang dapat diterapkan pada masyarakat sehingga budaya sangat dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Pengaitan budaya dan matematika diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih inovatif, menyenangkan sekaligus bisa lebih mengenal budaya yang ada di sekitarnya. Salah satu tempat bersejarah di Bogor adalah Monumen dan Museum PETA. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi etnomatematika pada Monumen dan Museum PETA. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan observasi secara langsung, penelitian literatur dan dokumentasi. Menurut hasil pengamatan peneliti menemukan beberapa konsep matematika yang membentuk bangun datar di sekitar Monumen dan Museum PETA. Berdasarkan hasil eksplorasi pada Monumen dan Museum PETA terlihat adanya konsep matematika yaitu bidang segi empat, sisi lengkung, dan segitiga. Konsep tersebut dapat dikaitkan terhadap pembelajaran matematika salah satunya dalam pengenalan bentuk-bentuk bangun datar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agasi, G. R., & Wahyuono, Y. D. (2016). Kajian etnomatematika : studi kasus penggunaan bahasa lokal untuk penyajian dan penyelesaian masalah lokal matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 527–540. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21688

Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48. 10.4236/ajor.2015.52008

Anintya, Y. A., Rochmad, & Mastur, Z. (2019). Representasi matematis bernuansa etnomatematika dan self directed learning. PRISMA (Prosding Seminar Nasional Matematika), 2, 899–904. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29302

Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2018). Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik. Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik, 3(2), 111–118–111–118. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907

Destrianti, S., Rahmadani, S., & Ariyanto, T. (2019). Etnomatematika dalam seni tari kejei sebagai kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2316

Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Etnomatematika pada Lopo Suku Boti dan integrasinya dalam pembelajaran matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Firdaus, Y. H., Jaenudin, J., & Fajri, H. (2020). Pengenalan objek Museum dan Monumen PETA menggunakan markerless augmented reality berbasis android. JUSS (Jurnal Sains Dan Sistem Informasi), 3(2), 1–16. https://doi.org/10.22437/juss.v3i2.11036

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: aplikasi bangun datar segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika melayu: pertautan antara matematika dan budaya pada masyarakat melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136. https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4429

Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2017). Pendekatan unsur etnomatematika dalam pengenalan motif batik khas Bali. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 34–39. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sen_2017/sen_2017/paper/view/1629

Iskandar, D. (2021). Etnomatika pada permainan setatak sebagai bahan pembelajaran bangun datar (lingkaran, persegi dan persegi panjang). Jurnal Peka, 4(2), 52–56. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.847

Kencana, I., Puspita., & Arifin, N. H. S. (2010). Studi potensi lanskap sejarah untuk pengembangan wisata sejarah di Kota Bogor. Jurnal Lanskap Indonesia, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.29244/jli.2010.2.1.%25p

Maryati., & Prahmana, R. C. I. (2019). Ethnomathematics: exploration of the muntuk community. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 47–49.

Ni’mah, N. T., & Marlina, R. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Monumen Tugu Kebulatan Tekad. JIPMat, 6(1), 76–84. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8018

Nirmalasari, D., Sampoerno, P. D., & Makmuri, M. (2021). Studi Etnomatematika: eksplorasi konsep-konsep teorema Pythagoras pada budaya Banten. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(2), 161–172. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5472

Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada gerabah Mlaten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.257

Putri, L. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837. https://doi.org/10.30659/pendas.4.1.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9). CV. Nata Karya.

Siddiq, M., & Salama, H. (2019). Etnografi sebagai teori dan metode. KORDINAT (Journal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam), 18, 23–48. 10.15408/kordinat.v18i1.11471

Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184–190. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/6370

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 113–118.

Wewe, M., & Kau, H. (2019). Etnomatika Bajawa: kajian simbol budaya Bajawa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 121–133. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551652




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: