EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MONUMEN DAN MUSEUM PETA DI KOTA BOGOR
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agasi, G. R., & Wahyuono, Y. D. (2016). Kajian etnomatematika : studi kasus penggunaan bahasa lokal untuk penyajian dan penyelesaian masalah lokal matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 527–540. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21688
Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48. 10.4236/ajor.2015.52008
Anintya, Y. A., Rochmad, & Mastur, Z. (2019). Representasi matematis bernuansa etnomatematika dan self directed learning. PRISMA (Prosding Seminar Nasional Matematika), 2, 899–904. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29302
Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2018). Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik. Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik, 3(2), 111–118–111–118. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907
Destrianti, S., Rahmadani, S., & Ariyanto, T. (2019). Etnomatematika dalam seni tari kejei sebagai kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2316
Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Etnomatematika pada Lopo Suku Boti dan integrasinya dalam pembelajaran matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589
Firdaus, Y. H., Jaenudin, J., & Fajri, H. (2020). Pengenalan objek Museum dan Monumen PETA menggunakan markerless augmented reality berbasis android. JUSS (Jurnal Sains Dan Sistem Informasi), 3(2), 1–16. https://doi.org/10.22437/juss.v3i2.11036
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: aplikasi bangun datar segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika melayu: pertautan antara matematika dan budaya pada masyarakat melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136. https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4429
Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2017). Pendekatan unsur etnomatematika dalam pengenalan motif batik khas Bali. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 34–39. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sen_2017/sen_2017/paper/view/1629
Iskandar, D. (2021). Etnomatika pada permainan setatak sebagai bahan pembelajaran bangun datar (lingkaran, persegi dan persegi panjang). Jurnal Peka, 4(2), 52–56. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.847
Kencana, I., Puspita., & Arifin, N. H. S. (2010). Studi potensi lanskap sejarah untuk pengembangan wisata sejarah di Kota Bogor. Jurnal Lanskap Indonesia, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.29244/jli.2010.2.1.%25p
Maryati., & Prahmana, R. C. I. (2019). Ethnomathematics: exploration of the muntuk community. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 47–49.
Ni’mah, N. T., & Marlina, R. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Monumen Tugu Kebulatan Tekad. JIPMat, 6(1), 76–84. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8018
Nirmalasari, D., Sampoerno, P. D., & Makmuri, M. (2021). Studi Etnomatematika: eksplorasi konsep-konsep teorema Pythagoras pada budaya Banten. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(2), 161–172. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5472
Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada gerabah Mlaten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.257
Putri, L. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837. https://doi.org/10.30659/pendas.4.1.
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9). CV. Nata Karya.
Siddiq, M., & Salama, H. (2019). Etnografi sebagai teori dan metode. KORDINAT (Journal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam), 18, 23–48. 10.15408/kordinat.v18i1.11471
Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184–190. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/6370
Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 113–118.
Wewe, M., & Kau, H. (2019). Etnomatika Bajawa: kajian simbol budaya Bajawa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 121–133. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551652
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7231
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: