PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Nita Yudiawati, Beni Yusepa G. P

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah mana yang lebih baik kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran model Cooperative Script dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional Bandung. Adapun sampel penelitiannya adalah dua kelas yang dipilih secara acak kelas yaitu VIII-A sebagai kelas kontrolyang di berikan perlakuan pembelajaran konvensional dan VIII-B sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran model CooperativeScript. Tes yang digunakan adalah tes uraian. Sedangkan skala sikap menggunakan Skala Likert yang berisikan pernyataan-pernyataan siswa mengenai kepercayaan diri siswa terhadap kegiatan pebelajaran yang dilakukan. Temuan penelitian ini menunjukan: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Cooperative Script lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Kepercayaaan diri siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajarn Cooperative Script lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Siswa bersikap positif terhadap pelajaran matematika, pembelajaran model Cooperative Script, dan soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armansyah. (2014). Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas viii4 smp negeri 1 makassar. Jurnal Nalar Pendidikan, 2 (1). 66-71.https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=8&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjo1YGgtZrUAhUHP48KHR9-BRMQFghYMAc&url=http%3A%2F%2Fojs.unm.ac.id%2Findex.php%2Fnalar%2Farticle%2Fdownload%2F1962%2F946&usg=AFQjCNF9AensFYbyMswsyd6WvCBXPBSYHQ&sig2=mSPHpVJ7V8uRT6e-FupiRQ.

(Diakes tanggal 31 Mei 2017).

Azhari. (2013). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa melalui pendekatan konstruktivisme di kelas VII sekolah menengah pertama (smp) negeri 2 banyuasin. Jurnal pendidikan matematika, 7 (2). 1-11. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/viewFile/992/364.

(Diakes tanggal 31 Mei 2017).

Budiarto, F & Eliyarti, W. (2013). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Opend-Ened Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika “Symmetry”, 2 (2). 294-303. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung.

Faridah. (2012, November). Definisi Belajar Menurut Para Ahli.

http://widhiieaprilia.blogspot.co.id/p/blog-page_16.html?m=1.

Kurniasih. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Mind Map terhadap Kemampuan Berpikir kreatif Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika “Symmetry”, 1 (1). 61-71.Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung.

Munandar. (2013). Kretaivitas dan Keterbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Riyanto. (2009). Paradigma Baru Pembalajaran. Jakarta: Kencana prenada media grup.

Ruseffendi. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Rohaeti & Budiyanto. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA,19 (2). 166-172). https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjJyZD747XUAhUIHpQKHZxUAFsQFggzMAI&url=http%3A%2F%2Fjournal.fpmipa.upi.edu%2Findex.php%2Fjpmipa%2Farticle%2Fdownload%2F457%2Fpdf_17&usg=AFQjCNEiMevz4S0jUOFQip26Kc_9dahEVQ&sig2=KleCOZ57nvfZP5kUpuTvSg.

(Diakses tanggal 31 Mei 2017)

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Slavin (1994). Education Psychology: Theryand Practice, Third.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1 (2). 41-51. 5.https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiOpaLNqZnUAhXGv48KHa0_DFgQFgg1MAE&url=http%3A%2F%2Fpasca.ut.ac.id%2Fjournal%2Findex.php%2FJPK%2Farticle%2Fdownload%2F58%2F58&usg=AFQjCNFxgIUHkMm4BtrU3wQhmAFdggSLFg&sig2=IRe6HQj93Fmn7y0bxjgmEg.

(Diakses tanggal 31 Mei 2017).

Turmudi. (2010). Pembelajaran Matematika Kini dan Kecendrungan Masa Mendatang.http://fle.Upi.Edu/Direktoriat/FPMIPA/Jur_Pend_Matematika/196101121987031-Turmudi/F2_Bunga_Rampai_MIDA2010-oke.

Undang-undang Sisdinas. (2003). Undang-undang republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Uyanto, S. S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuniarsih. (2015). Penerapan Model Cooperative Script Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII Mts Negeri Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015. Diakses dari laman web tanggal 31 Mei 2017 dari:

http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/JURNAL%20_FAJRAH_.pdf#page=6&zoom=auto,-99,100.

Yusepa, B.G.P. (2016c). Keserupaan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Pembelajaran Matematika Konstektual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Hal. 168-178. ISBN: 978-6029250-35-0

Yusepa, B.G.P. (2016d). Analisis Perbandingan Kurikulum Pendidikan Indonesia dan Inggris untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Strategi Mengembangkan Kualitas Pembelajaran Matematika Berbasis Riset. Hal. 346-364. ISBN: 978-602-71252-1-6




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.766

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: