UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN MEMINIMALKAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Fahmi Rusli, Lukita Ambarwati, Lukman El Hakim

Sari


Pembelajaran pada era globalisasi dengan kemajuan teknologi memberi dampak positif dan negative bagi kualitas pembelajaran. Penelitian tindakan kelas berupaya meningkatkan kualitas keterampilan berpikir kritis matematis peserta didik dengan meminimalkan perilaku prokrastinasi akademik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan google classroom. Penelitian dilakukan di kelas X MIPA SMAS YP IPPI Jakarta dengan jumlah 40 peserta didik. Jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian terdiri atas enam subjek penelitian dengan satu observer yang berprofesi sebagai guru bidang studi matematika. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualatif. Hasil dari penelitian disebutkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning serta penurunan prilaku prokrastinasi akademik siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan google clasroom. Namun dalam penerapannya, perlu dibuat model pembelajaran yang bervariasi sehingga kualitas pembelajaran lebih baik dan menurunkan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A. A., & Suhartini. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran statistika berbasis pendidikan politik dilingkungan sekolah. Jurnal Gantang, 2(1), 1-10.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132.

Geni, P. R. L., & Hidayah, I. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran problem based learning bernuansa etnomatematika ditinjau dari gaya kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 11–17.

Herayanti, L., & Habibi. (2015). Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi komputer untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis calon guru fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 61–66.

Ikhsan, S., & Ibrahim. (2021). Hasil belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan metakognisi dan prokrastinasi akademik. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 55–71.

Junita, E. D., Sugiharto, D. Y. P., & Awalya. (2014). Upaya mengurangi prokrastinasi akademik melalui layanan penguasaan konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 17-23.

Lestari, K. E. (2014). Implementasi brain-based learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 36–46.

Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). Tingkat prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 26–31.

Nurdiawan, R., Maryam, M. S., Lutfia, L., Hermawan, W., & Hidayat, W. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis terhadap prokrastinasi akademik siswa dalam matematika. Journal On Education, 01(03), 65–74.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Jakarta: Nizamial Learning Center.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Rachmawati, I., Feranie, S., Sinaga, P., & Saepuzaman, D. (2018). Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif ilmiah dan berpikir kritis ilmiah siswa sma pada materi kesetimbangan benda tegar. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 25–30.

Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi akademik menurunkan prestasi belajar siswa (Academic procrastination reduce students achievement). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 154-159.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.

Umam, K. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran reciprocal teaching. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 57–61.

Zamzam, K. F. (2016). Pendekatan problem based learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 279–286.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8250

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: