PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA BOOK MATERI DIMENSI TIGA

Dede Fajriadi, Rudi Priyadi, Diar Veni Rahayu

Sari


Geogebra adalah software untuk mempelajari geometri dimensi tiga. Pengembangan buku digital berupa GeoGebra Book pada materi dimensi tiga diharapkan menjadi sumber belajar dan memfasilitasi peserta didik untuk belajar mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kualitas GeoGebra Book pada materi dimensi tiga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari ahli media, ahli materi, guru matematika, dan peserta didik kelas XI. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media, dan angket respon peserta didik. Data kualitatif yang dianalisis adalah data hasil studi literatur. Sedangkan data kuantitatif yang dianalisis adalah data hasil validasi dan respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Geogebra Book materi dimensi tiga dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu: (a) tahap analyze, yaitu menganalisis kebutuhan media pembelajaran, materi pembelajaran, dan karakteristik peserta didik; (b) tahap design, yaitu mendesain media pembelajaran dan instrumen penelitian; (c) tahap development, yaitu membuat produk dan validasi ahli; (d) tahap implementation, setelah GeoGebra Book materi dimensi tiga dinyatakan valid, selanjutnya diimplementasikan terhadap guru dan peserta didik; dan (e) tahap evaluation, yaitu menganalisis hasil respon peserta didik. (2) Kualitas media GeoGebra Book pada materi dimensi tiga termasuk kategori sangat baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ada, T., & Kurtuluş, A. (2010). Students’ misconceptions and errors in transformation geometry. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 41(7), 901–909. https://doi.org/10.1080/0020739X.2010.486451

Branch, R. M. (2011). Instructional design: The ADDIE approach. London: Springer.

Browning, C., Edson, A. J., Kimani, P., Aslan- Tutak, F., & Kimani, P. M. (2014). Mathematical content knowledge for teaching elementary mathematics: A focus on geometry and measurement. The Mathematics Enthusiast TME The Mathematics Enthusiast, 11(2), 333-384. https://scholarworks.umt.edu/tme/vol11/is s2/7

Clements, D. H., & Sarama, J. (2011). Early childhood teacher education: The case of geometry. Journal of Mathematics Teacher Education, 14(2). 133–148.10.1007/s10857-011-9173-0

Couto & Vale, (2014). Pre-service teachers' knowledge on elementary geometry concepts. Journal of the European Teacher Education Network, 9, 57-73. https://etenjournal.com/2020/02/08/pre-service-teachers-knowledge-on-elementary-geometry-concepts/

Hohenwarter, M., & Preiner, J. (2007). Dynamic mathem¬tics with GeoGebra. Journal of Online mathe¬matics and its Apllication. Mathematical Associa¬tion of America. http://www.maa.org/publications

Jelatu, S., Sariyasa., & Ardana, I. M. (2018). Effect of GeoGebra-Aided react strategy on understanding of geometry concepts. International Journal of Instruction, 11(4), 325-336. 10.12973/iji.2018.11421a

Kabaca, T., Karadag, Z., & Aktumen, M. (2011). Misconception, cognitive conflict and conceptual changes in geometry: A case study with pre-service teachers. Mevlana International Journal of Education (MIJE), 1(2), 44–55. http://mije.mevlana.edu.tr

National Council of Teacher Mathematics. (2000). Prinsiples and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Negoro, S. T., & Harahap, B. (2014). Ensiklopedia matematika. Ghalia Indonesia.

Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan program geogebra dalam pembelajaran matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10-19. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236

Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi contextual teaching learning (ctl) dengan geogebra: Dapatkah meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa?. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27–34. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 48-64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Novita, R., Prahmana, R., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836

Özerem, A. (2012). Misconceptions in geometry and suggested solutions for seventh grade students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55, 720–729. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2012.0 9.557

Panaoura, A. (2014). Using representations in geometry: A model of students’ cognitive and affective performance. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(4), 498–511. https://doi.org/10.1080/0020739X.2013.8 51804

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media pembelajaran geometri menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis GeoGebra. Kreano 6(1), 33–38. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4471

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020a). Self-regulated learning for social cognitive perspective in mathematics lessons. J. Phys.: Conf. Ser. 1613 012049. 10.1088/1742-6596/1613/1/012049

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020b). Management of authentic assessment in mathematics lessons to develop 4C skills. J. Phys.: Conf. Ser. 1613 012050. 0.1088/1742-6596/1613/1/012050

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 285–293. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/4194/3416




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.8813

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: