PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA MTs KELAS VII

Farlia Mutiara, Nila Kesumawati, Marhamah Marhamah

Sari


Matematika merupakan pelajaran yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Matematika adalah cara yang bagus untuk memperkuat kemampuan analitis. Namun, banyak anak yang menghindari pelajaran matematika mereka merasa pelajaran matematika itu susah sehingga menyebabkan mereka kekurangan kemampuan berpikir kritis. Para peneliti ingin melihat apakah ada perubahan kepercayaan siswa dalam keterampilan berpikir kritis mereka setelah menggunakan pendekatan berbasis masalah. Semua siswa kelas tujuh MTs Al-Ikhsan Betung berpartisipasi dalam penelitian ini, yang menggunakan metode kuasi-eksperimental. Sebuah post-test only control group design diterapkan untuk analisis ini. Dengan teknik Cluster random diperoleh kelas VII.1 dan VII.2 sebagai sampel. Penilaian dan survei digunakan masing-masing untuk mengevaluasi keterampilan berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis varians dua arah. Berdasarkan data tersebut, ada tiga kesimpulan: 1) model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan tersebut; 2) terdapat perbedaan kemampuan tersebut berdasarkan efikasi diri (tinggi, sedang, dan rendah); dan 3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan efikasi diri terhadap kemampuan tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Farera, D., Andriani, L., & Fitri, I. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkanself efficacy siswa smpn 42 Pekanbaru. Journal for Research in Mathematics Learning) P, 3(2), 169–180.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa smp dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal THEOREMS (The Original of Mathematics), 1(2), 24–30.

Jumroh., Mulbasari, A. S., & Fitriasari, P. (2018). Self-efficacy siswa dalam pembelajaran based learning di kelas vii. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 29–42.

Kesumawati, N., Chotima, M. C., & Hartono, Y. (2019). Pengaruh reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 71–79. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.22375

Khairunisa., Salsabila, E., & Santi, V. M. (2021). Pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project dan self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 74–79.

Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 239–246. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.239-246

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa. MaPan, 7(1), 155–166.

Nufus, H., Herizal., & Sahputri, L. D. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. JPMS, 7(1), 12–19.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas viii smp. Edu-Mat, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh model pembelajaran pbl berbantu question card terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44-51.

Safithri, R., Syaiful., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy siswa. Jurnal Cendekia, 05(01), 335–346.

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp kelas ix. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 45–54.

Utari, L., Destiniar., & Syahbana, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran jucama terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa smp. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 35–47.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas vii di smp negeri pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9084

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: