PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP

Risma Melati, Destiniar Destiniar, Rohana Rohana

Sari


ABSTRAKSalah satu tujuan utama pembelajaran pada abad ke 21 adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Higher Order Thinking Skills (HOTS) ialah level berpikir pada proses menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Untuk mengetahui kemampuan HOTS matematika peserta didik dibutuhkan suatu soal tes HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi aritmetika sosial di kelas VII SMP yang valid dan reliable, dan mendeskripsikan kualitas soal tes HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik di kelas VII SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, walktrough, dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Puding Besar. Soal HOTS yang dikembangkan sebanyak 16 butir soal uraian berdasarkan indikator Taksonomi Bloom yakni Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), dan Mengkreasi (C6). Hasil pengembangan soal HOTS ini berupa: 1) validasi ahli yang menyatakan bahwa soal HOTS yang dikembangkan layak digunakan, sedangkan dalam validitas secara empiris secara keseluruhan hasil dari ujicoba menggunakan rumus korelasi product moment terdapat 11 butir soal dinyatakan valid, 2) hasil reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,78 yang dikategorikan reliabilitas tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi aritmetika sosial di kelas VII SMP dinyatakan valid dan reliabel serta layak digunakan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astutik, Y., & Nuriyatin, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Danniswara, R. (2020). 120 soal hots aritmetika sosial & pembahasannya. Lampung: UINRIL.

Farihah, N., Imanah, U. N., & Hidayati, E. W. (2018). Pengembangan soal higher order thinking skills (hots) pada materi barisan dan deret bilangan. MAJAMATH:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2), 142-154.

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53-64.

Isnawati, I., & Rosyana, T. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi aritmetika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 675-682.

Kurniasi, E. R., & Arsisari, A. (2020). pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills (hots) matematika pada siswa sekolah menengah pertama. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 9 (4), 1213-1222.

Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial. Journal on Education, 2(2), 225-232.

Kurniawan, A., & Setiawan, D. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp berbantual soal kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 2(5), 271-282.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung : PT Refika Arditama.

Nopita, N., & Rosyana, T. (2021). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal materi aritmetika sosial melalui pembelajaran daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) , 4 (4), 883-890.

Nurhabibah, R., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM , 10 (2), 40-49.

Rahayu, Y. I., & Chotimah, S. (2021). Higher order thinking skills siswa smp pada materi aritmetika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) , 4 (4), 921-930.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia , 13 (1).

Rohim, D. C. (2019). Strategi penyusunan soal berbasis hots pada pembelajaran matematika sd. BRILIANT:Jurnal Riset dan Konseptual , 4 (4), 438-496.

Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 61.

Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan soal untuk mengukur higher order thinking skill (hots) siswa. Jurnal Gantang , 5 (2), 143-150.

Yazidah, N. I., Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2020). Pengembangan soal hots pada materi aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 9 (2), 68-78.

Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). Pengembangan soal tes berbasis higher order thinking skill (hots) taksonomi bloom revisi di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 6 (1), 37-46.

Yuliastuti, M. (2014). Pengembangan bahan ajar aritmetika sosial pada siswa smp kelas vii dengan pendekatan saintifik. Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9140

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: