“BAGAIMANA ORANG-ORANG DI ZAMAN PRIMITIF BERHITUNG?“ STUDI KASUS PADA MAHASISWA CALON GURU

Yulyanti Harisman, Difa Aziza, Muchamad Subali Noto, Lukman Harun, Marwia Tamrin Bakar

Sari


Pada zaman primitif perhitungan sudah digunakan dengan cara sederhana. Penelitian ini akan memaparkan bagaimana proses berpikir cara berhitung pada zaman primitif. Selanjutnya proses berpikir yang dilakukan dieksternalisasikan dengan proses berpikir cara berhitung pada siswa zaman sekarang, dan mengetahui sejauh mana pengetahuan mahasiswa calon guru tentang bagaimana orang primitif berhitung. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode meta analisis dan studi kasus. Meta analisis menggunakan beberapa jurnal dan buku, selanjutnya kurikulum pada sekolah di analisis dan dicari hubungannya dengan proses berpikir cara berhitung zaman primitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah, menganalisis, dan menghubungkan proses berpikir berhitung zaman primitif dengan materi sekolah. Studi kasus didapat dari mewawancara delapan mahasiswa dari program studi pendidikan matematika 2021. Instrumen penelitian ini adalah 1) ketertarikan peneliti mengenai perhitungan primitif; 2) wawancara terbuka mengenai perhitungan primitif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review dan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan cara-cara orang primitif berhitung dan menunjukkan manusia pada zaman primitif sudah mengenal bilangan, cara berhitungnya masih digunakan untuk pembelajaran berhitung pada saat ini serta studi kasus dengan mahasiswa calon guru menunjukkan bagaimana mahasiswa pendidikan matematika merespon tentang cara berhitung pada zaman primitive dengan kategori respon yaitu: (1) Counting Media Primitive Student yang merupakan kategori mahasiswa yang mendefinisi perhitungan di zaman primitif dengan mengaitkan dengan alat-alat yang digunakan untuk berhitung pada zaman primitif; (2) Symbol Primitif Student adalah kategori mahasiswa yang mendefinisikan perhitungan primitif dengan memperhatikan simbol pada zaman primitif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussakir., Rosy Aliviana, & Yunita Rohmawati. (2011). Laporan penelitian bersama dosen-mahasiswa analisis matematik terhadap azimat numerik dan alfabetik. http://repository.uin-malang.ac.id/1757/

Affandi, Z. R. (2020). Pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung dalam pemecahan soal perkalian kelas ii mi ma’arif ngrupit jenangan ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Skripsi.

Putri, A. P., Harisman, Y., Hidayat, W., & Lukman Harun, L. (2022). Case study of prospective teacher students’ views on the position of mathematics on human civilization. Rangkiang Mathematics Journal, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.24036/rmj.v1i2.10

Ardiansyah, L. (2013. Berhitung zaman purbakala dan sistem berhitung masyarakat primitif. Catatanmtk.Blogspot.Com. http://catatanmtk.blogspot.com/2013/01/berhitung-zaman-purbakala-dan-sistem.html

Barany, M. (2009). Prehistories of counting. https://mbarany.com/CambridgeCounting.pdf

Barras, C. (2021). How did ancient humans. Nature, 594.

Burton, D. M. (2011). The history of mathematics: an introduction. McGraw-Hill.

David, D. (2004). The universal book of mathematics from abracadabra to zeno’s paradoxes.

Fauvel, J. (2000). The role of history of mahematics within a university mathematics curriculum for the 21st century. dalam Teaching and Learning Undergraduate Mathematics (TALUM). Newsletter No. 12, March 2000. editor Burn, Norcliffe, & Love. dalam http://www.bham.ac.uk/ctimath/talum/ newsletter/. London: The Mathematical Association. http://www.dcs.warwick.ac.uk/bshm/education/ineduc.html.

Gunawan, H. (2014). Gara-gara hantu lingkaran. https://adoc.pub/gara-gara-hantu-lingkaran-hendra-gunawan.html

Gusti, I., & Suharta, P. (2016). Akrab dengan Matematika, tanpa belajar matematika. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Harisman, Y., & Khairani, K. (2021). Perilaku pemecahan masalah mahasiswa pada perkuliahan kalkulus secara daring. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 277. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.5423

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2018). Teachers’ reflections on students’ mathematical problem solving in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012011

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2019a). Beliefs of junior high school teachers on learning process on mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032112

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2019b). Beliefs of junior high school teachers on learning process on mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032112

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2019c). How teacher professionalism influences student behaviour in mathematical problem-solving process. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012080

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., & Kusnandi, K. (2019d). The attitude of senior high school teachers on mathematical problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012087

Harisman, Y., Kusumah, Y. S., Kusnandi, K., & Noto, M. S. (2019). the teachers’ experience background and their profesionalism. Infinity Journal, 8(2), 129-141. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p129-142

Harisman, Y., Noto, M. S., & Hidayat, W. (2020). Experience student background and their behavior in problem solving. Infinity Journal, 9(1), 59-68. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p59-68

Ismawati, I. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung melalui tabung angka di tk islam ananda, Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang. https://doi.org/10.5281/zenodo.2574385

Kersey, A. J., & Cantlon, J. F. (2017). Primitive concepts of number and the developing human brain. Language Learning and Development, 13(2), 191–214. https://doi.org/10.1080/15475441.2016.1264878

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini (Samsidar & Aulia, Eds.; Pertama). Perdana Publishing.

Mahardika. (2009). Upaya peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas v sdn jimbang 4 klaten dalam pembelajaran matematika dengan media bingo. (Skripsi S1 Progdi PGSD). Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mansyur, & Iskandar, A. (2017). Meta analisis karya ilmiah mahasiswa penelitian dan evaluasi pendidikan. In Jurnal Scientific Pinisi, 3(1), 72-79.

Marlina, R., & Purwadi. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan berhitung melalui model pembelajaran kooperatif struktural permainan ular tangga tk marta’ush shibyan singocandi Kudus. PAUDIA, 3(2), 63-83.

Andriani, M., & Haryani, M. (2013). Pembelajaran matematika sd/mi. Pekanbaru: Benteng Media.

Musrikah. (2017). Pengajaran matematika pada anak usia dini. Martabat, 1(1), 153-174.

Nurhayati. (2018). Pengaruh perhitungan bunga kredit dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar akuntansi siswa smk swasta di kota depok. Majalah Manajemen & Bisnis Ganesha, 2(1), 1-14.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya. Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang,http://repository.uin-malang.ac.id/1104/

Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., Studi Teknik Industri, P., & Tinggi Teknologi Dumai, S. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas ii dengan menggunakan sempoa aritmatika di sekolah dasar. Indonesian Journal Of Civil Society, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.148

Robson, E. (2008). Mathematics in ancient Iraq. ISBN 978-0-691-09182-2.

Saefudin, A. (2005). Perkembangan teknologi komunikasi perspektif komunikasi peradaban. Mediator, 9(2).

Saputra, B. (2019). Pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas iii di madrasah ibtadiyah. Skripsi. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2832/

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan media permainan mipon’s daily untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428

Selin, H. (2008). Encyclopaedia of the history of science, technology, and medicine in non-western cultures. Said Al-Andalusi, 1–97.

Susilawati, W. (2017). Sejarah & filsafat matematika. Bandung: CV. INSAN MANDIRI.

Wahyudin, M. (2019). Hakikat dan sejarah matematika. Jakarta: Universitas Terbuka. www.ut.ac.id.

Wulandari, I. A., Budiyono, M., & Abdulah. (2022). Sejarah matematika pada zaman mesir dan babilonia(history of mathematics in the times of egypt and babylonia). In prosiding seminar nasional matematika, geometri, statistika, dan komputasi (sena-magestik), Universitas Negeri Jember. https://magestic.unej.ac.id/

Yunianingsih, N. (2012). Perkembangan berhitung pada zaman purba sampai zaman modern di seluruh belahan dunia. Ninik-Yulianingsih.Blogspot.Com. http://ninik-yunianingsih.blogspot.com/2012/06/perkembangan-berhitung-pada-zaman-purba.html

Tumangkeng, Y. W., Yusmin, E., & Hartoyo, A. (2018). Meta-analisis pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(6), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: