PEMAHAMAN MITIGASI BENCANA ALAM SISWA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DARURAT SEMERU

Syarifuddin Syarifuddin, Junaidi Fery Efendi, Faiz Azmi Fauzia

Sari


Minimnya pengenalan mitigasi bencana alam yang diintegrasikan dengan materi pelajaran yang ada di sekolah menyebabkan siswa kurang paham dan kurang siap dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana alam yang terjadi, khususnya pada siswa korban erupsi bencana Semeru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan siswa korban erupsi semeru terhadap mitigasi bencana alam berbasis permainan tradisional pada materi pengolahan dan penyajian data di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah darurat korban bencana erupsi Gunung Semeru, khususnya pada siswa kelas V SD yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa angket pemahaman mitigasi bencana alam yang sudah divalidasi oleh salah satu dosen Pendidikan matematika. Analisis data deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dimana pada penelitian ini akan digambarkan dan dideskripsikan pemahaman mitigasi bencana alam siswa korban bencana erupasi Gunung Semeru yang ada di sekolah darurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa korban bencana erupsi Gunung Semeru yang ada di sekolah darurat memiliki pemahaman yang baik terhadap mitigasi bencana alam Gunung Semeru, tanah longsor dan gempa bumi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cohen, D. (2006). The development of play. Routledge.

Desfandi, M. (2015). Urgensi kurikulum pendidikan kebencanaan berbasis kearifan lokal di Indonesia. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1261

El-Adaway, I. H. (2016). Can an integrated problem-based learning framework improve natural hazard management? Journal of Professional Issues in Engineering Education and Practice, 138(1), 10–13. https://doi.org/10.1061/(ASCE)EI.1943-5541.0000074

Giddings, S. (2016). Gameworlds: virtual media and childrens everyday play. Bloomsbury.

Hasanah, I., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2016). Pengembangan modul mitigasi bencana berbasis potensi lokal yang terintegrasi dalam pelajaran ipa di smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 226–234. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4064

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di sekolah untuk mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 94–102.

Himawan, R. (2016). Meningkatkan hasil belajar matematika materi pengolahan data menggunakan model problem based learning siswa kelas vi sdn kedungrawan i Krembung Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1–14. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10641

Nurrahmah, A., & Ningsih, R. (2018). Penerapan permainan tradisional berbasis matematika. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 43–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/jpmwp.v2i2.631

Pramudyani, A. V. R. (2020). Traditional game of ular naga for early childhood development from teacher’s perspective. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.48

Selby, D., Kagawa, F., & UNESCO and UNICEF. (2012). Disaster risk reduction in school curricula: case studies from thirty countries. In Disaster risk reduction in school curricula: case studies from thirty countries. http://www.unicef.org/education/files/DRRinCurricula-Mapping30countriesFINAL.pdf

Setiawan, Y. (2019). Pengembangan model pembelajaran matematika sd berbasis permainan tradisional indonesia dan pendekatan matematika realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21.

Setiono, P., Anggraini, D., & Hasnawati. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran pengetahuan mitigasi bencana gempabumi berbasis permainan tradisional Bengkulu. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i1.2957

Shaw, R., Takeuchi, Y., Shiwaku, K., Fernandez, G., Gwee, Q. R., Yang, B., & NIED. (2009). 1-2-3 of disaster education. Unisdr, May, 176. https://www.unisdr.org/we/inform/publications/12088

Suwaibah, D., Anggraini, L., & Mursyidah, H. (2019). Ludo 3d-mb media sebagai pengenalan mitigasi bencana alam berbasis pembelajaran matematika materi bangun ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 12–19.

Tusa’diah, R., & Yerizon. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran discovery learning pada materi matematika berorientasi mitigasi bencana. Jurnal Gantang, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1898

Wedyawati, N., Lisa, Y., & Selimayati, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran ipa terintegrasi mitigasi bencana terhadap hasil belajar. Jurnal Edukasi, 15(2), 261–273.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9786

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: