Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian dalam bidang Pendidikan baik itu dari Peneliti, Mahasiswa, Guru, Dosen, dan Praktisi Pendidikan. Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam J-KIP meliputi:

  1. Kurikulum dalam Pengajaran
  2. Kemampuan Berpikir
  3. Model Pembelajaran
  4. Media dan Multimedia Pembelajaran
  5. Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pengajaran
  6. Pengembangan Profesional Guru
  7. Konsep Materi Pelajaran
  8. DDR

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

J-KIP adalah jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Universitas Galuh. Naskah yang dikirim pertama kali ditinjau oleh Editor untuk dievaluasi apakah sesuai dengan fokus dan ruang lingkup J-KIP. Selanjutnya naskah akan dikirim kepada dua reviewer anonim (double-blind review). Komentar pengulas kemudian dikirim ke penulis terkait untuk tindakan dan tanggapan yang diperlukan. Editor akan memberi tahu penulis tentang hasil peninjauan sesegera mungkin, dalam 15 hingga 30 hari. Hasil perbaikan penulis akan ditinjau kembali oleh editor bagian, untuk melihat kesesuaian komentar reviewer dengan hasil perbaikan. Editor bagian juga memungkinkan untuk memberi tinjauan kembali terhadap naskah perbaikan jika dianggap perlu. Keputusan akhir penerimaan artikel akan dibuat oleh Editor sesuai dengan komentar Reviewer.

Pendeteksian plagiarisme artikel dalam jurnal ini dilakukan dengan menggunakan Program Plagiarism Checker. Jika sebuah artikel memiliki lebih dari 25% plagiarisme berdasarkan hasil pemeriksaan, maka kami akan mengembalikan kembali artikel kepada penulis untuk diperbaiki. Manajer referensi pada jurnal ini menggunakan Mendeley. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Keputusan akhir penerimaan artikel akan dibuat oleh Editor sesuai dengan komentar Reviewer. Artikel yang dikirim kembali kepada penulis untuk direvisi harus dikembalikan kepada Editor tanpa penundaan. Artikel yang direvisi dapat dikirim ke Editorial melalui pengiriman online antarmuka (online submission interface).

Artikel yang diterbitkan akan tersedia online (unduhan gratis) untuk dibaca dan diunduh oleh semua orang setelah proses peer-review jurnal. Kami terus bekerja sama dengan komunitas penulis kami untuk memilih pilihan opsi lisensi terbaik, Creative Commons Attribution (CC BY).

 

Petunjuk Penulisan

Silahkan mendownload template manuskrip & Petunjuk pembuatan akun dan Submit untuk melihat petunjuk penulisan melalui link berikut : 

download Template manuskrip

Download Petunjuk Pembuatan Akun dan Submit Artikel

 

 

JUDUL DITULIS DALAM BAHASA INDONESIA

(Arial Narrow, 12 pt, bold, centered, Max 20 kata)

 

Yoni Sunaryo1, Nani Ratnaningsih2

1 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Galuh, Jl. R. E. Martadinata No.150, Ciamis, Indonesia

2 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi, Jl. Siliwangi No.24, Tasikmalaya, Indonesia

Email: sunaryoyoni@gmail.com

 

ABSTRACT
Abstract written in Indonesian and English with Arial Narrow type, size 10 pt, 
single space. Abstract is not a combination of several paragraphs, 
but is a complete and complete summary that illustrates the contents of the writing. 
Abstracts explicitly contain background, research objectives / articles, 
research methods / studies, research findings and conclusions, implications (if any). 
The abstract must provide brief information to the reader about the content of the article. 
Don't include table numbers, picture numbers, and references in the abstract. 
An abstract consists of one paragraph with many words up to 200 words.
Keywords:   Maximum consists of 5 keywords separated by commas (,)
(The chosen keywords are easy to read for search engines, 
such as Google, Scopus, Yahoo, and others, and arranged in alphabetical order)

 

 

ABSTRAK

Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan jenis huruf Arial Narrow, ukuran 10 pt, spasi tunggal. Abstrak bukanlah penggabungan beberapa paragraf, tetapi merupakan ringkasan yang utuh dan lengkap yang menggambarkan isi tulisan. Abstrak secara eksplisit mengandung latar belakang, tujuan penelitian/artikel, metode penelitian/kajian, temuan hasil penelitian dan simpulan, implikasi (jika ada). Abstrak harus memberikan informasi yang singkat kepada pembaca tentang konten artikel. Jangan mencantumkan nomor tabel, nomor gambar, dan referensi pada abstrak. Abstrak terdiri dari satu paragraf dengan banyak kata maksimal 200 kata.

 

Kata Kunci:  Maksimum terdiri dari 5 kata kunci yang dipisah oleh tanda koma (,)

(Kata kunci yang dipilih mudah dibaca mesin pencari, seperti Google, Scopus, Yahoo, dan lainnya, serta disusun secara alphabet)     

 

 

PENDAHULUAN

Bagian pendahuluan berisi tentang keadaan, definisi, manfaat dari objek yang diteliti, perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian lain yang berhubungan dengan objek penelitian, kelemahan atau keterbatasan keilmuan atau teknologi yang sudah ada saat ini, cara untuk mengatasi masalah, hipotesis, tujuan penelitian, ide kebaruan (novelty), state of the art / overview penelitian-penelitian sebelumnya dan dampak penelitiannya. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam  bentuk  paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel. Jika artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dan terdapat kata dalam bahasa asing di dalam naskah, maka kata tersebut dinyatakan dalam tulisan miring.

Jurnal J-KIP mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian empiris dalam bidang Pendidikan. J-KIP menerima publikasi dari peneliti, mahasiswa, guru, dosen, dan praktisi pendidikan. Arikel yang ditulis harus merupakan hasil penelitian kajian teori ataupun penelitian empiris dalam Pendidikan. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Secara keseluruhan, naskah harus memuat abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan serta daftar pustaka. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Arial Narrow, ukuran 12 pt, dengan spasi 1, dicetak pada kertas A4 dengan batas margin kiri 3 cm, atas, bawah, kanan 2,5 cm sebanyak 8-15 halaman/lembar. Artikel dituliskan tepi kanan dan kiri rata (justified), dan jorokan awal paragraf (first line) 1,25 cm.

Tujuan penelitian dinyatakan di dalam pendahuluan. Jika terdapat lebih dari satu tujuan maka penomorannya menggunakan angka (1, 2, 3, dst..) dan tidak menggunakan simbol/bullet. Adapun ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Jurnal J-KIP ini adalah sebagai berikut:

  1. Kurikulum dalam Pembelajaran
  2. Kemampuan Berpikir
  3. Model Pembelajaran
  4. Media dan Multimedia Pembelajaran
  5. Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pembelajaran
  6. Pengembangan Profesional Guru
  7. Konsep Materi Pelajaran
  8. DDR

 

METODE PENELITIAN

Penulisan metode penelitian harus disusun menjadi sebuah cerita dalam paragraf. Kalimat yang digunakan dalam metode penelitian harus berbentuk lampau, karena proses peneitian dilakukan di masa lalu. Metode penelitian harus ditulis dengan jelas. Bagian metode penelitian berisi paparan menjelaskan metode, model, desain, subjek dan lokasi penelitian yang anda kerjakan, prosedur penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.

Bagian metode penelitian ini menguraikan langkah-langkah penyelesaian masalah. Uraikan dengan jelas prosedur penelitian yang dilakukan. Metode yang dipilih agar disesuaikan dengan jenis penelitiannya. Sebagai contoh penelitian eksperimen, desain penelitian, pengambilan populasi dan sampel serta prosedur pelaksanaan penelitian harus jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian hasil dan pembahasan berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan hipotesis atau pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari panjang artikel.

Data dalam bentuk tabel ditulis dengan ukuran 10 pt, penyajiannya agar menggunakan format tabel seperti contoh Tabel 1.

Tabel 1. Judul tabel

Jenis Sekolah

Laki-Laki (%)

Perempuan (%)

SD

20

30

SMP

30

25

SMA

50

45

 

Tabel diberi judul. Judul diletakkan di atas tabel. Tabel dibuat center dan diacu pada naskah. Jika terdapat lebih dari satu tabel maka tabel diberi nomor misalnya Tabel 1, Tabel 2, dan seterusnya. Tulisan dalam tabel 1 spasi, ukuran 11 pt dan diusahakan dalam penyajian tabel tidak terpotong oleh halaman. Jika dalam penyajian tabel tidak cukup disajikan dalam satu kolom, bisa disajikan dengan menggabungkan dua kolom menjadi satu kolom (khusus untuk penyajian kolomnya).

Jika terdapat gambar maka penyajiannya dibuat center dan diacu dalam naskah. Gambar diberi judul. Judul diletakkan di bawah gambar seperti contoh Gambar 1. Jika terdapat lebih dari satu gambar maka gambar diberi nomor misalnya Gambar 1, Gambar 2, dan seterusnya.

 

 

Gambar 1. Judul Gambar

Perujukan pustaka mengikuti aturan perujukan. Jika penulis hanya seorang ditulis seperti ini (Fulan, 2016), jika penulis ada dua orang maka ditulis seperti ini (Fulan & Ahmad, 2012). Jika penulis lebih dari 3 maka cukup ditulis penulis pertama ditambah et al. Seperti Fulan et al. (2015). Setiap pustaka yang dirujuk dalam artikel ini harus tercantum dalam daftar pustaka.

 

KESIMPULAN

Bagian simpulan dan saran berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas hipotesis atau pertanyaan penelitian, atau berupa intisari hasil pembahasan. Saran yang dikemukakan merupakan solusi atau tindak lanjut terhadap permasalahan yang sedang dikaji. Simpulan dan saran disajikan dalam bentuk paragraf.

Bagian kesimpulan berisi rangkuman hasil yang dicapai dan merupakan jawaban dari rumusan masalah. Oleh karena itu, kesimpulan agar diselaraskan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Sama seperti halnya dengan tujuan penelitian, jika terdapat lebih dari satu kesimpulan yang dituliskan maka penomorannya menggunakan angka dan bukan menggunakan bullet.

 

REKOMENDASI

Tuliskan rekomendasi berdasarkan hasil penelitian di sini.

 

UCAPAN TERIMAKASIH

Menyatakan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam kegiatan penelitian yang dilakukan. Pihak-pihak tersebut, misalnya lembaga atau perorangan yang telah memberikan beasiswa, sponsor, dana penelitian, sarana dan prasarana penelitian. Nama orang yang membantu dalam penelitian harus ditulis lengkap dengan gelar yang dimilikinya.

 

DAFTAR PUSTAKA

Sistem dan cara pengutipan menggunakan aplikasi pengutipan standar (misalnya Mendeley, Refworks, Zotero) sehingga konsistensi dan aksesibilitasnya lebih terjaga. Penulisan daftar pustaka perlu merujuk APA style. Pastikan daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam isi artikel. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa jurnal internasional terindeks, jurnal nasional bereputasi, buku, artikel-artikel penelitian, disertasi, tesis, skripsi, buku yang berisi hasil penelitian dan lain-lain yang bersifat primer. Jumlah minimum rujukan sebanyak 10 buah. Tahun rujukan diusahakan tidak lebih dari 10 tahun.

Tata cara penulisan daftar rujukan secara umum meliputi: (1) nama akhir, (2) koma, (3) inisial nama depan,(4) titik, (5) tahun penerbitan (dalam kurung), (6) titik, (7) judul buku (Italic), (8) titik, (9) kota penerbitan, (10) titik dua, (11) nama penerbit, dan (12) titik, atau dapat mengikuti kaidah penulisan sebagai berikut:

Buku:

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Buku Kumpulan Artikel:

Abidin, Y. (Ed.). (2008). Menuju Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Rizky Press.

 Artikel dalam prosiding seminar, lokakarya, konferensi:

Zakiah N. E. (2013). Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Self-Esteem Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 26 Oktober 2013, Universitas Negeri Semarang.

Artikel dalam Jurnal:

Zamnah, L. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Probelem Centered Learning dengan Hands-On Activity. Jurnal Galuh Research, Idea, Statement (GARIS). Vol. 1 No. 1: 1-16.

 

Tulisan/Penerbitan dalam Koran:

Pranoto. (2004). Soal UAN Matematika tak Mendidik. Pikiran Rakyat, 7 Juli 2004 hal 33.

 

Dokumen resmi:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

 

Buku terjemahan: 

Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan oleh Achmad Fawaid. (2010). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Laporan Penelitian:

Nugraha, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Program Geometers Skechpad untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematik Siswa. Tesis. UNPAS Bandung: Tidak dipublikasikan.

 

Makalah seminar, lokakarya, penataran:

Muzdalipah, I. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Posing. Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. Tasikmalaya, 9 Agustus.

 

Internet (karya individual):

Zumbrunn,  S.,  et.  al.  (2011).  Encouraging  Self-Regulated  Learning  in  the  Classroom.  [Online].  Tersedia: http://www.self-regulation.ca/download/pdf_documents/Self%20Regulated%20Learning.pdf [3 Agustus 2013].

 

Internet (artikel dalam jurnal online):

Nugraha, D. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Peserta Didik melalui Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) pada Materi Bangun Ruang. E-Jurnal Dimensi FKIP Unsil, Vol. 1, No. 1. [Online]. Tersedia: http://journal.unsil.ac.id/jurnalunsil-4805-.html [4 Januari 2011]. 

 

Etika Publikasi

Pernyataan etika kami didasarkan pada Pedoman Praktik Committee on Publication Ethics (COPE) yang dapat diakses pada https://publicationethics.org

Keputusan Publikasi

Editor bertanggung jawab dan memiliki wewenang penuh untuk menolak/menerima artikel yang akan diterbitkan.

Editor dapat mempertimbangkan kebijakan Dewan Editorial dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme.

Editor dapat berunding dengan Dewan Editorial atau Reviewer dalam membuat keputusan ini.

Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh Editor.

Editor dan Dewan Editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apapun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapapun selain dari penulis yang bersangkutan. 

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer-review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan naskah berdasarkan konflik kepentingan yang berasal dari persaingan, kolaborasi, hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan makalah.

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka segala konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk memengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan dalam penelitian harus diungkapkan.

Tugas Reviewer

  1. Reviewer bertanggung jawab untuk merekomendasikan kelayakan publikasi naskah yang dikirimkan.
  2. Reviewer berhak memberi kritik dan saran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas naskah yang dikirimkan.
  3. Bisa menolak untuk meninjau kiriman apapun karena ada konflik kepentingan atau pengetahuan yang tidak memadai.
  4. Mereview semua pengajuan secara objektif, adil dan profesional.
  5. Ungkapkan kesalahan etika yang dihadapi saat meninjau kembali kepada Editor untuk tindakan lebih lanjut.
  6. Harus memastikan keaslian penyerahan dan waspada terhadap plagiarisme dan publikasi yang berlebihan.
  7. Patuhi waktu yang dialokasikan untuk proses review.
  8. Permintaan perpanjangan untuk mereview penyerahan adalah atas pertimbangan Editor.

Standar Objektivitas

Tinjauan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak diperkenankan. Peninjau harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung.

Tugas Penulis

  1. Penulis harus menyatakan bahwa naskah yang dikirimkan adalah karya asli serta belum diterbitkan di tempat lain.
  2. Penulis harus melakukan perbaikan naskah dengan tepat waktu sesuai saran Reviewer.
  3. Semua Penulis yang disebutkan dalam naskah secara signifikan berkontribusi pada penelitian.
  4. Penulis harus menyatakan bahwa semua data dalam naskah adalah asli dan otentik.
  5. Penulis harus menuliskan semua sumber yang digunakan dalam naskah.
  6. Penulis harus melaporkan kesalahan atau ketidakakuratan dalam karyanya yang telah diterbitkan kepada Editor serta bekerja sama dengan Editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya. Apabila penulis menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain, maka hal ini telah dikutip dengan tepat.

Publikasi Berganda, Redundan, atau Bersamaan

Seorang penulis tidak boleh secara umum menerbitkan naskah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.