MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KWL UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CLOTHES PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-B SMPN 2 JATINUNGGAL

Suwangsih Suwangsih

Sari


Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Clothes dengan penggunaan pembelajaran berbasis Strategi KWL (Know, Want to know, Learner) pada Peserta didik  Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Jainunggal . Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research)  yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan,  Pengamatan, dan refleksi.  Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa pembelajaran berbasis  KWL (Know, Want to know,  Learner) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Clothes pada Peserta didik  Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Jainunggal . Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang  sama dapat menerapkan Strategi KWL (Know, Want to know, Learner) untuk  meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka  dihaharapkan guru lebih membuat Strategi KWL (Know, Want to know, Learner) yang  lebih menarik dan bervariasi. Kata kunci: Hasil Belajar, Strategi KWL (Know, Want to know, Learner)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

--------------.2005. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas

-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.

Kemdiknas.2011.Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdiknas

-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Kemdiknas

Ngalim, Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Ngalim, Purwanto. 2003. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Suyatno. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe STRATEGI KWL (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNER). Surakarta: Tiga Serangkai




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.10062

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.