PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Hendra Hernama, Anggita Maharani

Sari


Prestasi belajar menunjukkan keberhasilan belajar atau kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan belajar sesuai dengan bobot yang dicapai. Di sekolah bentuk khusus prestasi belajar adalah nilai yang diberikan kepada siswa pada akhir semester atau masa belajar, yang pencapaiannya dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Semuanya muncul dalam bentuk angka dan hasilnya dijelaskan. Kapan pun memungkinkan, tujuan studi lanjutan adalah untuk mengamati faktor mana yang menyebabkan sesuatu. Seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Darma, sebanyak 98 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Jika sampel diambil dari populasi sebanyak 52 siswa. Dalam penelitian ini digunakan angket motivasi belajar, angket pengasuhan orang tua, angket lingkungan sosial dan hasil ulangan matematika semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 oleh guru matematika SMP Negeri 3 Darma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP sebesar 20,6%. Hasil belajar sebagian dipengaruhi oleh perhatian dan belajar orang tua, sedangkan lingkungan sosial tidak mempengaruhi belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abhi Purwoko, Agus, Yayuk Andayani, Saprizal Hadisaputra, Lian Yulianti, Zelisa Nudia Fitri, Dea Pariza, and others, ‘Validitas Instrumen Dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa’, LPPM Universitas Mataram, 3.0 (2021), 94–102

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan, ‘Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi’, Jurnal Ekonomi, 4.1 (2014), 4

Barokah, Nur, Agung Yulianto, Jurusan Pendidikan Ekonomi, and Fakultas Ekonomi, ‘Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi’, Economic Education Analysis Journal, 8.2 (2019), 434–52

DYAH NIRMALA ARUM JANIE, S.E., M.Si., S t a t i s t i k d e s k r i p t i f & r e g r e s i l i n i e r b e r g a n d a d e n g a n s p s S, Semarang University Press, 2021

Ekawati, S. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Universitas Negeri Makassar.

Fathurrohman Taufik, M. 2017. Pengaruh Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V. (online) Vol. 6 No. 10 (2017),(https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/9217 ,Diakses tanggal 7 Agustus 2022)

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.UNDIP. Semarang 2011.“Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.analisis grafik dan uji statistik Semarang.

Kurniawan, D & Wustqa Urwatul, D. 2014. Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, (online) Vol. 1 No. 2 (2014),(https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2674,Diakses tanggal 31 Juli 2022)

Nukuhaly, Nur Apriany, ‘Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP N 1 Leihitu Kabupaten Maluku Tengah’, Jurnal Lingue, 1.2 (2019), 83–95

Palupi, W. R. (2020). Penerapan Uji Park, Uji White Dan Uji Glejser Untuk Mendeteksi Asumsi Heteroskedastisitas Pada Kasus Kematian Ibu Di Jawa Timur (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Prasetyo, Ary, and Sukarni, ‘Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Modern, 7.2 (2022), 42–54

Rijali, Ahmad, ‘Analisis Data Kualitatif’, Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17.33 (2019), 81

Simamora, Tohol, Edi Harapan, and Nila Kesumawati, ‘Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5.2 (2020), 191

Santrock, J.W. (2011). Educational psychology. New York: McGraw Hill.

Tella, Adedeji. (2007). The impact of motivation on student’s academic achievement and learning outcomes in mathematics among secondary school in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 2007, 3(2), 149-156. Diambil pada tanggal 9

Januari 2014 dari http://core.kmi.open.ac.uk/download/ pdf/512292.pdf

Tsui, Ming. (2005). Family income, home environment, parenting, and mathematics achievement of children in China and United States. Journal Education and Urban Society. 2005. 37: 336. Diambil pada tanggal 26 April 2013 dari http://eus.sagepub.com/content/37/3/336

Zakiyah, Mimi, ‘Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smkn 3 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir’, Jurnal Tafidu, 1.1 (2022), 153–65

Wardani, D. K. (2020). Pengujian Hipotesis (deskriptif, komparatif dan asosiatif). LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.10133

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.