IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 CIAMIS

Muhammad Muktasimbillah, Lia Yulisma, Anita Sintawati

Sari


Rendahnya motivasi belajar disebabkan karena dipengaruhi dari penggunaan model pembelajaran yang kurnag menarik bagi siswa. Model yang dapat meningkatkan motivasi belajar adalah Problem Based Learning.Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB berjumlah 32 orang. Pemilihan subjek penelitian secara random sampling. Prosedur terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi.Sumber data dari wawancara, lembar angket, dan dokumentasi pembelajaran. Sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I hasil angket motivasi belajar siswa sebeser 64,6%, siklus ke II hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 71,8%. Simpulan dari penelitian inia adalah implementasi model problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 CiamisKata Kunci: Motivasi belajar, Model Problem Based Learning, Sistem Ekskresi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akinoglu O & RO Tandogan. 2007. The Effect Of Problem Based Learning In Science Education On Students Academic Achievement, Attitude And Concept Learning: Eurasia Journal Of Mathematics, Science & Technology Educational, 3 (1), 71-78.

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28-35.

Istiandaru, A., Istihapsari, V., Wardono, & Mulyono. (2015). Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik-Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Edumatica, 5(1), 1–11.

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar IPA. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya, 1(1), 17-30.

Marno, dan M. Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Arruzz Media Group

Permendikbud No 65 tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pedoman Umum Pembelajaran

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51.

Riduwan.2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta

Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan model problem based learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.

Suari, N. P. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241-247.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogyakarta: Ar-Ruzzmedia

Adawiyah, R. (2018). Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Quran dan Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(1), 61–67.

Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1), 134– 142.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10185

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.