MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS TEKS LAPORAN PERCOBAAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IX B SPF SMP NEGERI 2 JALANCAGAK

Asih Rumondang

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis Teks Laporan Percobaan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di kelas IX B SPF SMP Negeri 2 Jalancagak. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B SPF SMP Negeri 2 Jalancagak pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 siswa. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya dengan KKM sebesar 75. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan tiga pertemuan dalam setiap siklusnya. Hasil tes pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar 71,61 dengan 15 siswa yang tuntas KKM (53,57%) dan pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar 85,54 dengan 26 siswa yang tuntas KKM (92,86%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,93. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis Teks Laporan Percobaan di kelas IX B SPF SMP Negeri 2 Jalancagak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (1986). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Dewi, N. G. A. A. M. L., Tripalupi, L. E., & Artana, M. (2013). Pengaruh pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas x sma lab singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 3 (1), 1-10.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zainab, I., Jaya, G. B., & Artini, L. P. (2021). Meningkatkan keterampilan menulis peserta didik melalui whatsapp diary writing. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 60 – 68.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.10430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.