MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI KELAS IX B SMP NEGERI 1 JALANCAGAK

Asep Sunaedi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing atas permainan bola voli melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metoda penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMP Negeri 1 Jalancagak di kelas IX B yang berjumlah 32 siswa dengan waktu penelitian selama 6 bulan, dimulai dari bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2019. Dari data hasil penelitian diperoleh kenaikan hasil belajar dari siklus I dan Siklus II yaitu pada siklus I skor terendah 55 dan tertinggi 85 dengan 16 siswa (50%) yang mememnuhi KKM, mengalami kenaikan pada siklus II skor terendah 65 dan skor tertinggi 95 dengan 29 siswa (90,63%). Bedasarkan data yang diperoleh dari siklus I dan siklus II, terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan demikian menunjukan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan passing atas permainan bola voli.Kata Kunci: keterampilan, passing atas, bola voli, pembelajaran kooperatif, think pair share, dan pjok.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi. (2007). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Herdiyana, A., & Prakoso, G. P. W. (2016). Pembelajaran pendidikan jasmani yang mengacu pada pembiasaan sikap fair play dan kepercayaan pada peserta didik. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 77-85.

Huda. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemmis & Mc.Taggart. (1992). The Action Research Planner. Victoria: Deakrin University.

Koloay, C. C. J. (2017). Implementasi Model Kooperatif TPS Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Passing Bola Voli. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(3), 98-109.

Larlen. (2013). Persiapan guru bagi proses belajar mengajar. Pena, 3(1), 81-91.

Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nugroho, A. T. (2015). Meningkatkan hasil belajar bola voli melalui modifikasi peraturan permainan dan menggunakan media video di smk negeri 1 sedan tahun ajaran 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(12), 2239-2245.

Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press.

Sudrajat, N. (2004). Pendidikan Jasmani. Bandung: PT Sarana Panca Nusa.

Yahya. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13(12), 108-117.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.10482

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.