PENERAPAN MODEL PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DI SD NEGERI KOTABUMI KOTA CILEGON

Juniati Juniati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas 3 di SD Negeri Kotabumi tahun pelajaran 2019/2020 melalui model paradigma pedagogi reflektif. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis M Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap diantaranya planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Kotabumi sebanyak 29 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan essay berkaitan dengan penguasaan kognitif belajara PPKN. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Pembelajaran dengan model paradigma pedagogi reflektif pada mata pelajaran PPKN di kelas 3 SD Negeri Kotabumi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (41,38%), siklus II (86,21%) dan telah dinyatakan berhasil. Dengan demikian, pembelajaran dengan model paradigma pedagogi reflektif, efektif dalam meningkatkan hasil belajar PPKN siswa. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, F. A. (2016). Implementasi perangkat pembelajaran matematika menggunakan paradigma pedagogi reflektif (ppr) pada topik kubus yang mengakomodasi teori van hiele di kelas viii a smp kanisius kalasan tahun ajaran 2015/2016.

Altrichter, H., Kemmis, S., McTaggart, R., & Zuber-Skerritt, O. (2002). The concept of action research. The Learning Organization, 9(3), 125–131.

Fajar, L. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar pkn pada materi pokok menjaga keutuhan nkri melalui metode bermain peran dengan model pembelajaran cooperative learning kelas vi semester genap sd negeri 153071 sibabangun 1 kabupaten tapanuli tengah tahun pelajaran 2017/2. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(1), 24–30.

Fathoni, B. (2020). Reflective pedagogy as humanistic learning. Historika, 23(1), 79–91.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35.

Guntara, Y., & Wilujeng, I. (2018). Developing Inductive Thinking Kit to Improve Representation Data and Scientific Reasoning Skills. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 302–319.

Gustiana, M. I., Hanifah, N., & Syahid, A. A. (2020). Model paradigma pedagogi reflektif sebagai upaya inovasi dalam meningkatkan sikap disiplin peserta didik. Jurnal Pena Ilmiah, 3(2), 21-30.

Harahap, S. E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Tgt (Team Games Tournament) Siswa Kelas 5 Sd Negeri 164525 Tebing Tinggi. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 101–109.

Ignasius, I., Wibowo, D. C., & Kurniati, A. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran paradigma pedagogi reflektif. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 119–130.

Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027–2035.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang, 2(3), 418–430.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152.

Ningsi, G. P., Jehadus, E., Jelatu, S., Kurnila, V. S., Sugiarti, L., & Ramda, A. H. (2022). Paradigma Pedagogi Reflektif yang Dikombinasikan Dengan Flipped Classroom dalam Kelas Aljabar Linear. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 455–465.

Nurdiansyah, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 105–115.

Pratini, H. S. (2016). Implementasi paradigma pedagogi reflektif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan competence, conscience, dan compassion mahasiswa. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 3(1).

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.10556

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.