PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELAUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI KUBANGKUTU 1

Nani Muryati

Sari


Rendahnya kompetensi guru pada proses pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh kurangnya persiapan terhadap perangkat pembelajaran sebelum memasuki ruang kelas, serta pola piker yang masih sederhana. Dilakukannya penelitian tindakan sekolah ini ditujukan untuk dapat melihat peningkatan kompetensi guru pada proses pembelajaran di sekolah dasar melalui penerapan supervisi akademik. Guru SD Negeri Kubangkutu 1 yang jumlahnya 5 orang merupakan subjek dari penelitian ini. Dilaksanakan 2 tahap siklus dalam penelitian ini, dengan rancangan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Hasil data penelitian ini disimpulkan bahwa melaui supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru. Hasil penilaian terhadap proses pembelajaran memperoleh nilai 3,70 yang termasuk dalam kategori kinerja tinggi, dan penilaian terhadap sikap memperoleh nilai 3,70 yang termasuk dalam kategori tingkat kinerja tinggi.perolehan nilai tersebut menunjukkan bahwa telah tercapai indikator keberhasilan penelitian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, A. A. G. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan, Suatu Pengantar. (FIP Undiksha Singaraja, Ed.). Singaraja.

Dirjen PMPTK. (2008). Metode dan Teknik Supervisi Tahun 2008. Jakarta: Depdiknas.

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan MAN Kabupaten Bekasi. Rasi Pendidikan, Volume 26 Issue 1, April 2019 H, 26(1).

Jailani, M. sahran. (2017). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidi-kan Agama Islam (PAI)). Nadwa, 10(2), 175. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1).

Martiningsih, T. (2011). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Partisipasi Guru Dalam KKG (Kelompok Kerja Guru) Terhadap Kompetensi Profesional Guru SD. Jurnal Kependidikan Triadik, Volume 14(No.1).

Masnun, B. (2017). Mengefektifkan Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Semester Satu Tahun Pelajaran 2016/2017 SD Negeri 27 Ampenan. JIME, 3(1).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13/2007 tentang Standar Kepala sekolah/madrasah.

Prasojo Lantip Diat, M.Pd, Drs. Sudiyono, M. S. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Sugiyanti & Sabar Narimo. (2016). Pengelolaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2).

Usman. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Binaan Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Kelas Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 SD Negeri 39 Mataram. JISIP, 2(1).

Wahyuni, N. (2017). Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode praktik untuk mata pelajaran produktif jurusan administrasi perkantoran di smk nasional makassar. 1–8.

Yudha M. Saputra. 2011. Supervisi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani. jurnal Ilmu pendidikan. Pendidikan Jasmani. jurnal Ilmu pendidikan.

Zakiyah, A.Z.A., 2018. Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 16(1), pp.8- 13.

Zulfikar, Yusrizal, & S. I. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 5(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.10561

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.