PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMP NEGERI 2 CILEGON

Nurhayati Nurhayati

Sari


Supervisi akademik merupakan proses kegiatan membantu guru untuk mengembangkan kompetensi dalam mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMPN 2 Cilegon khususnya dalam kompetensi perencanaan pembelajaran, proses kegiatan pembelajaran, dan penilaian kegiatan pembelajaran peserta didik. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang guru mata pelajaran SMP Negeri 2 cilegon. Metode yang digunakan yaitu tindakan sekolah dengan menggunakan model Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan dari instrumen kompetensi guru. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu melalui supervisi akademik kepala sekolah dapat mengetahui dan meningkatkan kompetensi guru di SMPN 2 Cilegon. Hal ini berdasarkan dari proses penilaian kompetensi guru mendapatkan hasil yaitu, penilaian terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah guru buat didapatkan nilai rata-rata 3,5 masuk dalam kategori Baik. Penilaian proses pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 3,8 masuk dalam kategori Baik, dan penilaian kemampuan guru terkait hasil pembelajaran peserta didik diperoleh nilai rata-rata 3,8 masuk dalam kategori Baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, 7 (1), 49- 59.Baharuddin. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Memilih Model Pembelajaran Melalui Kegiatan Suvervisi Akademik di SD Negeri 004 Dusun Tua Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal PAJAR (Guruan dan Pengajaran) 3 (1).

Glickman, C.D., Gordon, S.P., dan Ross-Gordon, J.M. (2007). Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition. Boston: Perason.

James, N., David, M. & Thinguri R. (2014). Evaluating the Impact of Primary School Headteachers’ Supervisory Practices on Academic Performance in Githunguri SubCounty, Kenya. Journal of Education and Practice, 5, 47-58.

Madja, W. 2012. Manajemen Guruan dan Supervisi Pengajaran: Kumpulan Karya Tulis Terpublikasi. Malang: Wineka Media. Cet. Ke-3.

Mulyasa, E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdarkya.

Novauli, F.M. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Guruan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 45- 67.

Pidarta, Made. 2016. Supervisi Guruan Kontekstual. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. 2015. Administrasi dan Supervisi Guruan. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.

Samudi. (2018). Penerapan Supervisi Akademik Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Guruan dan Pengajaran), 1 (1), 144.

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Siswanto. (2008). Program Sertifikasi Guru (Antara Tuntutan Kesejahteraan dan Kualitas). Jurnal Guruan Islam Tadris, 3 (2), 211-221.

Sudjana, N. (2012). Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta: Binamitra Publishing.

Syaiful Sagala (2010). Supervisi Pembelajaran. Dalam Profesi Guruan. Bandung, Alfabeta.

Usman, Moh. Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yulizon. (2017). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar SDN 001 Kunto Darussalam. Jurnal PAJAR (Guruan dan Pengajaran), 1(1). 153- 160.

Zuriah. (2003). Penelitian Tindakan dalam Bidang Guruan dan Sosial. Malang: Banyu Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.10564

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.