KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS ANAK SETELAH MENGIKUTI PEMBELAJARAN MODIFIKASI BOLA

Muhammad Idzan Kusdiana, Dede Iman Suhendra, Gani Kardani

Sari


Salah satu usaha untuk mengembangkan pembinaan bola voli adalah dengan menerapkan teknik dasar voli sedini mungkin kepada anak-anak sekolah dasar melalui pembelajaran bola voli di sekolah. kemampuan passing atas bola voli usia sekolah dasar di SD Negeri 2 Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis masih belum berkembang dengan optimal dan masih banyak anak yang terampil terhadap teknik passing atas bola voli dengan tepat. Peneliti menggunakan modifikasi bola plastik dalam meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada usia sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bola plastik terhadap peningkatan hasil belajar passing atas dan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan passing atas bola voli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 9-10 tahun dengan partisipan sebanyak 10 orang anak. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar passing atas bola voli. Penelitian ini dapat memberikan kemudahan terhadap siswa untuk bisa belajar passing atas bola voli. modifikasi bola plastik memberikan kesempatan kepada siswa untuk bergerak lebih bebas dan dilakukan sambil bermain. sebagai wawasan untuk guru bahwa dengan modifikasi bola dapat memberikan suasana belajar yang lebih inovatif dan tidak monoton. Kata kunci: bola voli, modifikasi, passing atas, usia sekolah dasar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditia, D (2015). Survei penerapan nilai-nilai positif olahraga dalam interaksi sosial antar siswa di SMA NEGERI SEKABUPATEN WPONOSOBO tahun 2014/2015. Journal of physical education, sport, health and recreation 4 (12)

Amrullah, S., Prayoga, A.S., Wahyudi, A. N.,Voli, B., & Tahan,D. (2021). Profil Kondisi Fisik Atlet Bola Voli PBV IBVOS Tahun 2021. Journal Active of Sport 1(1)

Atsani, M (2020). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Metode Bermain. edu sportivo: Indonesian Journal Of Physical Eduaction 1 (2)

Djamarah, S.B., dan Zain, A.(2006). strategi belajar mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Federation internationale de volleyball (FIVB), (2016). Official Volleyball Rules 2017-2020-approved by the 35th FIVB congress.FiVB

Gusniar, dkk. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Bermain Melempar Bola. Jurnal pendidikan jasmani dan olahraga 3(1)

Halimah. L. (2016). Pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini. Bandung: Refika Aditama

Inten, D. (2018). Meningkatkan penguasaan kosakata anak usia dini melalui puisi lagu anak, Golden age: jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (2)

Prayoga, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Melalui Penggunaan Modifikasi Bola. Jurnal sportif 2(1)

Resita, dkk. (2020). Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bola Voli Passing Bawah Di Kelas VIII SMPN 1 PONDOKSALAM PURWAKARTA. Jurnal literasi olahraga 2 (1)

Sudarsono, B. (2012). Dokumentasi, Informasi, Dan Demokratisasi. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 27(1), 7-14

sudjana.(2006). penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya

Undang-Undang RI (2003). Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia

Yusmar, A. (2017). Upaya peningkatan teknik permainan bola voli melalui modifikasi permainan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal pajar (pendidikan dan pengajaran), 1(1), 143-152.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10719

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.