PENGARUH TINGKAT KECEMASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKNIK MERODA DI MTS BAHRUL ANWAR CIPAKU

Zamzam Khoerul Umam, Risma Risma, Gani Kardani

Sari


Kecemasan sangat berhubungan erat dengan senam lantai khususnya meroda. Gerakan meroda yang bisa di bilang gerakan yang rumit untuk dilakukan dapat menyebabkan peserta didik merasa gugup, khawatir, takut dan cemas. Setiap individu memiliki tingkat kecemasan yang berbeda-beda. Jika tingkat kecemasan yang dimiliki peserta didik tinggi maka penampilan dan keberanian peserta didik akan menurun bahkan peserta didik bisa saja menjadi takut dan tidak mau melakukan gerakan teknik meroda. Penelitian ini secara umum memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa terhadap pembelajaran senam lantai teknik meroda di MTS Bahrul Anwar Cipaku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX di MTS Bahrul Anwar Cipaku yang mengalami kecemasan terhadap pembelajaran senam lantai teknik meroda dengan jumlah siswa 20. Hasil penelitian diperoleh dari tingkat kecemasan siswa terhadap pembelajaran senam lantai teknik meroda di MTS Bahrul Anwar Cipaku disebabkan oleh faktor kekhawatiran (takut cidera), emosionalitas (perasaan malu dan tidak mempunyai keyakinan), gangguan dan hambatan dalam menyelesaikan tugas (kurangnya minat), pengalaman negatif pada masa lalu (riwayat ciderapada masa lalu). Kata Kunci: Kecemasan, Siswa, Teknik Meroda

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of mental Disorder (5th ed). Arlington, VA: APA Press.

Canadian Mental Helath Association. (2015). What’s the difference between anxiety and an anxiety disorder? [Halaman web]. Diakses pada tanggal 17 Desember 2021 dari https://www.heretohelp.bc.ca/q-and-a/whats-the-difference-between-anxiety-and-an- anxiety-disorder

Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., & Ardani, A. (2020). Kecemasan Gunarsa, S. D. Psikologi Olahraga Prestasi, Jakarta: PT. Gunung Mulia. 2008.

Komarudin, Psikologi Olahraga Latihan Keterampilan Mental dalam Olahraga Kompetitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.https://kmpaganesha.itb.ac.id/2020/07/07/elementor-3134/ Diakses Pada 27 Februari 2022mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67-82.

Kartini, (2019) The Psychopathic Disorder Of The Main Character In Ingrid Goes West Movie. Other thesis, Universitas Darma Persada

Kecemasan, T., Atlet, A., Mengikuti, D., & Olahraga, P. (2015). JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 21 Nomor 79 Tahun XXI Maret 2015. 21, 39–44.

Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis tingkat kecemasan (anxiety) dalam menghadapi pertandingan atlet sepak bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28-35.

Popong Suryani, Yoyok Cahyono, B. D. U. (2020). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja pada Karyawan Bagian Produksi di PT Tuntex Garment Indonesia. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 70–82. https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/28Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10743

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.