UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI PENERAPAN METODE SMART GAME DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Unung Rohaeti

Sari


Pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan berbagai kecerdasan yang dimilikinya. Namun dibutuhkan suatu model pembelajaran yang multi approach dan strategi belajar mengajar yang variatif . Oleh karena itu penulis menerapkan metode pembelajaran smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIII-B MTs Sukamaju dengan jumlah peserta didik 27 orang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu: dokumentasi, observasi dan tes. Model penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam penelitian ini adalah model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus tindakan dimana setiap siklus tersebut terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari nilai siklus I dengan rata-rata 71,19 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,7%, meningkat menjadi 78,37 dengan ketuntasan belajar klasikal 74,1% pada siklus II, meningkat lagi menjadi 89,78 dengan ketuntasan belajar klasikal 92,6% pada siklus III. Hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran menggunakan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe matke a match antara lain pemahaman siswa terkait pembelajaran serta hafalan siswa terkait materi pembelajaran masih tergolong rendah dan kurangnya persiapan guru dalam menyiapkan kartu permainan. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Wahid. (2004). Risalah Akhlak: Panduan Perilaku Muslim Modern. Solo: Era Intermedia.Anwar Holil, Model Pembelajaran Kooperatif, www.anwarholil.blogspot.com, didownload pada 26 Februari 2017.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Cet. VI. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, Rahmat. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dan Kompetitif dalam Mengembangkan Kreatifitas, www.azirahma.blogspot.com, didownload pada 26 Februari 2017.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP.

Departemen Agama RI. (2004). Kurikulum Aqidah Akhlak MTs 2004 Standar Kompetensi. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Sandar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Pustaka Candra.

Departemen Pendidikan Nasional. Konsep PAKEM. www.akhmadsudrajat.wordpress.com, didownload pada 26 Februari 2017.

H. A Wahid. (2008). Aqidah Akhlak Madrasah Tsnawiyah untuk Kelas VIII Semester 1 dan 2. Bandung: Armico Bandung.

Karlina, Ina. (2009). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Sebagai Salah Satu Strategi Membangun Pengetahuan Siswa, www.google.co.id, didownload pada 26 Februari 2017.

Kurniawan, Yudha. (2008). Smart Games for Kids Cet. II. Jakarta : Wahyu Media.

Nursidik, Yahya. Kumpulan Metode Pembelajaran. www.apadefinisinya.blogspot.com, didownload pada 26 Februari 2017.

M. Quraish Shihab. (1996). Lentera Hati Cet. VI. Bandung: Mizan.

Masoffa. Perbedaan Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Konvensional, www.masoffa.wordpress.com, didownload pada 26 Februari 2017.

Maulia D. Kembara. (2007). Panduan Lengkap Home Schooling. Bandung: Proggressio.

Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik, Terj : Nurulita Cet. III. Bandung: Nusa Media.

Syurfah, Ariany. (2007). Multipple Intelligences for Islamic Teaching. Bandung: Syamil Publishing.

Tarmizi. Pembelajaran Kooperatif “Make a Match”, www.tarmizi.wordpress.com, didownload pada 26 Februari 2017.

Tim Ipotes. Metode Pembelajaran Kooperatif, www.ipotes.wordpress.com. didownload pada 26 Februari 2017.

Tim Learning With Me. Pembelajaran, www.learning-with-me.blogspot.com. didownload pada 26 Februari 2017.

Tim Pembelajaran Guru. Inovasi Pembelajaran MIPA di Sekolah dan Alternatif Implementasinya – Cooperative Learning (Pembelajaran Kooperatif). www.pembelajaranguru.wordpress.com, didownload pada 26 Februari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10775

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.