MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY-INQUIRY LEARNING DI KELAS VII E SMP NEGERI 2 JALANCAGAK

Aam Hamdalah

Sari


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Interaksi Sosial melalui penerapan model Discovery-Inquiry Learning di kelas VII E SMP Negeri 2 Jalancagak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII E SMP Negeri 2 Jalancagak dengan dua  siklus  tindakan.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  VII E yang berjumlah 32 orang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada materi Interaksi Sosial dapat dilakukan dengan menerapkan model Discovery-Inquiry Learning. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil tes evaluasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I dan siklus II. Dimana hasil tes evaluasi siklus I rata-rata kelas mencapai 71,56 dengan tingkat persentase kelulusan 53,13% dan pada siklus II hasil tes evaluasi siswa meningkat menjadi 85,31 dengan tingkat persentase kelulusan 90,63%. Kata kunci: hasil belajar, interaksi sosial, discovery-inquiry, model pembelajaran, dan ips.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Endang. M. 2012. Analisis Model-Model Pendidikan Karakter Untuk

Usia Anak-Anak, Remaja Dan Dewasa. Yogyakarta: UNY.

Iwan Setiawan, dkk. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/ MTs kelas VII Edisi Revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan. Kebudayaan,

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Moh. Amien. 1979. Apakah Metode Discovery Inquiry Itu?. Jakarta: Depdikbud.

Nursid Sumaatmadja. 2007. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan: dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, 2011. Model-Model Pembelajaran Iinovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10803

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.