MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENYUSUN TEKS PIDATO PERSUASIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DI KELAS IX C SMP NEGERI 1 SAGALAHERANG

Isak Iskandar

Sari


ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam Menyusun Teks Pidato Persuasif di kelas IX C SMP Negeri 1 Sagalaherang melalui penerapan model pembelajaran Inquiry. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Sagalaherang sebanyak 32 siswa. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya, dua pertemuan awal adalah pembelajaran secara utuh dan satu pertemuan terakhir adalah tes evaluasi dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 75. Berdasarkan hasil analisis data pada pra siklus, siklus I, dan siklus II diketahui ada peningkatan hasil belajar siswa dalam Menyusun Teks Pidato Persuasif melalui penerapan model pembelajaran Inquiry yang diperoleh siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Sagalaherang. Pada siklus I nilai rata-rata hasil tes siswa sebesar 73,13 dengan tingkat ketuntasan sebesar 59,38%. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi pada siklus II, yaitu dengan nilai rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa sebesar 86,09 dengan tingkat ketuntasan sebesar 90,63%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Komaidi, Didik. 2008. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media.

Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Muhammad Ali. 1996. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar. Baru Algensindo.

Purba, Ramen, Dkk. 2021. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Purwanto. 1992. Pengertian Tes Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman. dkk. 1996. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. 1989. Dasar - dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru.

Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumardjo, Jakob. 2007. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumantri dan Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran Pendekatan Individual. Bandung: Rancaekek Kencana.

Suparno dan Yunus. 2008. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suriamiharja, dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen. Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar .

Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful dan Aswan. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tabroni, Roni. 2007. Melejitkan Potensi, Mengasah Kreativitas Menulis Artikel. Bandung: Nuansa.

Tarigan. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi. Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wingo. 1970. Prinsip Belajar. Bandung: CV.Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10804

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.