MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRESENT CONTINUOUS TENSE MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Ritta Merita

Sari


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Present Continuous Tense di kelas IX B SPF SMP Negeri 1 Jalancagak melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini menerapkan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II dengan tiga kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Indikator keberhasilan yang diharapkan adalah nilai rata-rata kelas atau KKM 75. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SPF SMP Negeri 1 Jalancagak semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan tindakan pada setiap siklus terbukti ada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata post test siklus I mencapai 72,50 dengan tingkat ketuntasan sebesar 53,33% dan pada siklus II rata-rata hasil post test meningkat menjadi 85,67 dengan tingkat ketuntasan sebesar 90%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Ibrahim, dkk. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10806

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.