Sari
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Present Continuous Tense di kelas IX B SPF SMP Negeri 1 Jalancagak melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini menerapkan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II dengan tiga kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Indikator keberhasilan yang diharapkan adalah nilai rata-rata kelas atau KKM 75. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SPF SMP Negeri 1 Jalancagak semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan tindakan pada setiap siklus terbukti ada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata post test siklus I mencapai 72,50 dengan tingkat ketuntasan sebesar 53,33% dan pada siklus II rata-rata hasil post test meningkat menjadi 85,67 dengan tingkat ketuntasan sebesar 90%.
Referensi
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Ibrahim, dkk. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.