PENGARUH MEDIA GAME FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD BAITU ILMIN SURABAYA

Anisah Salsabila, Muhammad Thamrin Hidayat, Sri Hartatik, Pance Mariati, Dewi Widiana Rahayu

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, apalagi materi matematika yang abstrak sulit dipahami dan kurangnya minat belajar siswa. Hasil belajar siswa yang kurang memuaskan ini dirumuskan dalam penelitian bahwa pembelajaran matematika diperlukan bantuan media untuk menarik minat belajar siswa dan mempermudah guru menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media game flash card. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.  Ditemukan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Baitu Ilmin Surabaya berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dan teknik sampling jenuh karena hanya satu kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu jenis one grup pretest-postest, dengan cara memberi pretest sebelum perlakuan lalu postest dilakukan sesudah perlakuan untuk menguji keberhasilan media game flash card sebagai sarana memahamkan materi perkalian. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil belajar siswa kelas III SD Baitu Ilmin Surabaya dengan rata-rata nilai 6,62 menjadi 8,42 dan nilai signifikan sebesar 0,012. Nilai signifikan berdasarkan uji binomial lebih besar dari pada α atau kesalahan yang ditetapkan sebesar 0,01. Jadi dapat disimpulkan bahwa media game flash card dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi perkalian. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrizal, M. Z., & Suryani, E. (2021). Efektivitas Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Flash CardTerhadap Peningkatan Kemampuan Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas IV. JURNAL PERSEDA.

Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Iskandar Muda Batam. Pythagoras, 6(2), 175–186.

Gede, D., & Estini, W. (2015). Aktualisasi Pemikiran Jean Piaget dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Suatu Kajian Teoritis).

Iriani, T., & Ramadhan, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran Untuk Kejuruan.

Kurniati, S. (2022). Metode Pembelajaran LBS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.

Lurfi, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran Strategi Pendekatan.

Maulidah, R., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2021). Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental Untuk Keterampilan Berhitung Siswa.

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=mKhADwAAQBAJ

Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420–3427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624

Yusuf, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata surya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10829

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.